Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Harga Emas Mengkilap, Begini Efeknya Bagi Merdeka Copper (MDKA)

JAKARTA, CNBC Indonesia – PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) diuntungkan dengan kenaikan harga emas. Khususnya untuk mendukung pelaksanaan 2 proyek besar yaitu proyek tambang tembaga bawah tanah di Banyuwangi dan proyek pendulang emas di Gorontalo.

CEO MDKA Communications Tom Malik mengakui kenaikan harga emas tidak memotivasi perusahaan untuk meningkatkan produksi emas dengan cara yang sama. Sebab, perseroan telah menetapkan rencana kerja dan anggaran tahunan (RKAB) yang disetujui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Namun, dengan naiknya harga emas, perusahaan fokus meningkatkan efisiensi produksi untuk menikmati margin yang lebih tinggi. Setidaknya, biaya produksi emas ditargetkan sekitar $1.300/oz tahun ini.

“Secara umum perusahaan pertambangan adalah price taker, kami tidak punya kendali atas harga komoditas. Jadi satu-satunya yang mengontrol margin bagus kami adalah kami menjalankan tambang seefisien mungkin,” kata Tom kepada CNBC Indonesia dalam program regional Mining. di hari Rabu (15/5/2024).

Selain fokus pada dua proyek tambang tembaga bawah tanah di Banyuwangi dan proyek Pani Emas di Gorontalo, MDKA juga terus mengoptimalkan tambang emas Tujuh Bukit di Banyuwangi dengan target produksi 100-120 ribu ounce.

Sementara itu, proyek penambangan tembaga bawah tanah diharapkan menjadi tambang tembaga terbesar ketiga di Indonesia. Apalagi setelah tambang milik PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN).

Sementara itu, proyek Pani akan menjadi proyek penambangan emas perdana terbesar di Indonesia dengan kandungan 6,7 juta ons emas. Tambang ini menghasilkan sekitar 500.000 ons emas setiap tahunnya.

Diketahui, harga emas naik ketika inflasi produsen Amerika Serikat (AS) meningkat dan Federal Reserve (FED), bank sentral AS, masih mengirimkan sinyal sensitif.

Pada Selasa (14/5/2024), emas diperdagangkan pada $2357,97 di pasar spot. Harganya naik 0,94% atau hampir 1%. Kenaikan harga ini merupakan kabar baik karena harga emas turun 1% pada hari terakhir.

Tonton videonya di bawah ini: Video: Penambangan emas ilegal sebelum penyerangan Kompleks Masjid Al-Aqsa (wia).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *