Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

HP Bisa Nyambung ke Starlink, Elon Musk Jangan “Nyelonong” Lagi

Jakarta, CNBC Indonesia – Operator seluler sedang mencari regulasi jika fitur Direct-to-Cell Starlink diaktifkan. Fitur ini memungkinkan Starlink terhubung langsung ke ponsel pengguna.

Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Indonesia (ATSi) mengingatkan bahwa setiap teknologi pasti memiliki peraturan dan izin tersendiri. Oleh karena itu, pemerintah juga harus membuat regulasi layanan seluler langsung melalui proses yang semestinya.

Ini harus diatur, kami minta diatur,” kata Sekjen ATSI Marwan O Baasir, Senin (Oktober). ). 6 Agustus 2024).

Dia mengingatkan, harus ada konsultasi publik ketika suatu peraturan ditetapkan. Semua pihak yang terlibat harus memberikan jawabannya mengenai hal ini.

“Untuk mengambil regulasi, harus ada konsultasi publik, lalu ada respon dari semua pihak. Ini industri yang bernilai ratusan triliun, bukan industri yang dibangun puluhan tahun begitu saja,” ujarnya.

Sebagai informasi, Direct-to-Cell memungkinkan pengguna melakukan layanan langsung di ponselnya. Mulai dari berkirim pesan, menelepon, hingga berselancar di Internet.

Elon Musk, kepala SpaceX, pemilik layanan Starlink, menjelaskan bahwa Direct-to-Cell memungkinkan konektivitas di mana pun di Bumi. Dukungan bandwidth hanya 7 mb per beam.

Perangkat yang mendukung jaringan 4G LTE dapat terhubung langsung ke ponsel. Pengguna juga tidak perlu menambahkan aksesoris, firmware atau aplikasi khusus.

“Direct-to-Cell dapat bekerja dengan ponsel LTE yang ada di mana pun Anda dapat melihat langit,” demikian informasi di situs resmi SpaceX.

Musk mencoba meyakinkan para gamer seluler bahwa layanannya tidak akan memenangkan hati mereka. Menurutnya Direct-to-Cell tidak akan mampu bersaing dengan operator.

“Meskipun ini adalah solusi yang bagus untuk tempat-tempat yang tidak memiliki konektivitas seluler, [Direct-to-Cell] tidak akan mampu bersaing dengan jaringan seluler terestrial yang ada,” kata Musk. Tonton video di bawah ini: Wakil Luhut Jamin Persaingan Sehat Operator Lokal Melawan Starlink (dem/dem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *