Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Ini Alasan Pertamina Tak Naikkan Harga BBM Mei 2024

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina (Persero) hingga PT Pertamina Patra Niaga mulai 1 Mei 2024 tidak melakukan perubahan harga produk minyak mentah. Hal ini terjadi meskipun harga minyak dunia meningkat.

Sementara itu, perusahaan gas bekerja sama untuk menaikkan harga bahan bakar. Perusahaan swasta tersebut adalah Shell Indonesia, Vivo Energy Indonesia dan BP-AKR.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan keputusan tidak mengubah harga BBM mengacu pada banyak aspek, di antaranya UU No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Penyesuaian Harga JBU atau Bahan Bakar Minyak Non Subsidi.

Dalam prinsip ini, sistem penetapan harga bahan bakar antara lain dipengaruhi oleh dolar AS dan nilai tukar MOPS.

“Penyesuaian harga BBM ilegal tersebut mengacu pada undang-undang. Namun dalam kondisi saat ini, kami mendukung upaya pemerintah menjaga stabilitas perekonomian,” jelas Irto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/5/2024).

Daftar harga minyak Pertamina mulai 1 Mei 2024:

Pertamax Rp 12.950/liter

Pertamax Green 95 Rp 13.900/liter

Pertamax Turbo Rp 14.400/liter

Dexlite Rp 14.550/liter

Pertamina Dex Rp 15.100/liter.

“Pajak ini berlaku untuk Pulau Jawa dan daerah dengan tarif Pajak Bahan Bakar Minyak (PBBKB) sebesar 5%,” kata Irto. Simak video berikut ini: Video: Layanan Handal Pertamina Janjikan Bahan Bakar Minyak dan LPG Aman Saat Idul Fitri (pgr/pgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *