Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Ini Beda Android TV dan Smart TV, Ternyata Banyak yang Salah Paham

Jakarta, CNBC Indonesia – Tidak bisa dipungkiri bahwa memahami perbedaan Android dan Smart TV bisa membingungkan. Banyak orang yang masih bingung membedakan keduanya.

Dapat dikatakan bahwa Android TV adalah bagian dari Smart TV. Namun hal ini tidak berdampak sebaliknya.

Smart TV sendiri merupakan salah satu jenis TV yang dapat mengakses program lain dari Internet. Berikut cara menghubungkan komputer Anda ke TV.

Sebagian besar TV memiliki aplikasi bawaan yang memungkinkan Anda bermain game, menonton streaming video dan film, termasuk Netflix, YouTube, Facebook, dan lainnya.

Namun sistem operasi pada smart TV belum diupgrade sehingga Anda tidak bisa mendapatkan aplikasi terbaru.

Singkatnya, TV yang menawarkan konten online, apa pun sistem operasi yang dijalankannya, dapat diklasifikasikan sebagai Smart TV.

Beberapa produsen TV mungkin memiliki sistem operasinya sendiri saat meluncurkan Smart TV.

Saat ini Android TV memiliki hampir semua fungsi Smart TV dengan sistem operasi Android. Google mendukung perbedaan antara Android TV dan Smart TV.

Agar lebih jelas, berikut perbedaan Android TV dan Smart TV yang dihimpun CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

Program aplikasi

Android TV memiliki Android App Store dengan 10.000 aplikasi. Penggunaannya sama seperti menggunakan aplikasi di ponsel Android biasa.

Sedangkan smart TV berjalan di sistem operasi lain seperti Tizen OS dan WebOS. Jadi dukungan aplikasi terbatas dan hanya aplikasi pra-instal yang tersedia.

Pembaruan otomatis

Android TV dapat memperbarui aplikasi, selama TV tersambung ke Internet. Karena smart TV sulit mendapatkan pembaruan.

Asisten suara

Android TV memiliki Asisten Google. Jadi pengalaman menontonnya, seperti mengganti saluran atau program, menggunakan kontrol suara. Untuk smart TV, Anda memerlukan perangkat lain seperti Alexa untuk mendapatkan fitur asisten suara.

Tampilan layar dan transmisi layar

Android TV memiliki dukungan untuk fitur pencerminan layar. Jadi Anda bisa menggunakan aplikasi dari ponsel Android Anda langsung di TV.

Sayangnya, hal serupa tidak bisa dilakukan dengan Smart TV. Untuk menggunakannya, pengguna memerlukan alat atau proyeksi lain untuk menggunakannya. Tonton video di bawah ini: Bos Raksasa Teknologi Kunjungi RI, Hilirisasi Digital Tingkatkan Pertumbuhan? (dem/dem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *