Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

iPhone Cs Masuk RI Harus Lolos Ujian di Depok, Kominfo: Tak Ada Dusta!

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki laboratorium yang besar, salah satu tugasnya adalah melakukan uji radiasi pada ponsel pintar.

Laboratorium tersebut bernama Rumah Tes Digital Indonesia (IDTH) atau Balai Uji Peralatan Telekomunikasi (BPPPT) yang terletak di Tapos, Depok, Jawa Barat.

Menteri Perhubungan dan Informasi (Kominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan BBPPT sebagai laboratorium penguji bertanggung jawab terhadap perangkat telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan mutu yang tinggi.

Untuk itu, Budi menegaskan, seluruh perangkat harus melalui proses verifikasi sertifikasi di IDTH. Hal ini menunjukkan bahwa produk tersebut aman dari radiasi dan gangguan lainnya serta cocok untuk masyarakat umum.

“IDTH itu sangat teknis. Di laboratorium ini tidak ada kebohongan, penipuan, dan kita punya ISO,” kata Budi dalam konferensi pers di BBPPT, Kamis (2/5/2024).

Salah satu fasilitas yang tersedia di IDTH adalah Laboratorium SAR & EMF. Laboratorium ini dapat melakukan percobaan untuk mengukur radiasi non-ionisasi dari gelombang elektromagnetik yang dipancarkan perangkat TIK yang terhubung ke tubuh manusia, seperti ponsel dan tablet.

Kepala BBPPT Syaharuddin menjelaskan, di laboratorium ini seluruh telepon seluler yang didistribusikan di IDTH akan diuji karena hanya tempat inilah yang menyediakan layanan tersebut.

“Untuk memastikan radiasi ponsel melebihi batas yang ditetapkan, baru tersedia saat ini,” jelasnya.

Pemeriksaan radiasi ponsel di IDTH baru selesai pada akhir tahun lalu, dan produsen wajib melakukan uji radiasi mulai 1 April 2024.

“Jadi sebulan yang lalu kita jalani pemeriksaan radiasi. Dulunya tidak wajib, tapi sekarang wajib. Alat baru juga baru wajib,” kata Syaharuddin.

Perangkat yang digunakan untuk melakukan pengujian ini adalah Dasy 8, robot dari pabrikan Swiss, Speag. Tonton videonya di bawah ini: Video: Bos Raksasa Teknologi Ramai Kunjungi RI, Ternyata Ini Alasannya (fab/fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *