Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Ragam

Jadi Satu-satunya di RI, Jalan Tol Ini Dibangun Pakai Bambu

JAKARTA, CNBC Indonesia – Pohon yang umum di Asia adalah bambu, yang dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk konstruksi. Siapa sangka material ini juga digunakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam pembangunan Tol Semarang-Damak.

Seperti diketahui, Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan Semarang-Hemat Seksi 1 sepanjang 10,64 kilometer (km). Jalan tol tersebut dibangun di atas laut dengan menggunakan bambu sebagai alas untuk memperkuat struktur jalan tol di atasnya.

Struktur tanggul di atas laut diperkuat dengan anyaman bambu tebal berbentuk mat system sebanyak 17 lapis yang bertujuan untuk meningkatkan daya dukung landasan jalan di lokasi pembangunan Jalan Tol Semarang-Damic. Siaran Pers Badan Penyelenggara Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Minggu (26 Mei 2024).

BPJT menyebutkan, penggunaan struktur bambu ini telah diuji oleh Pusat Bahan dan Struktur Konstruksi, Direktorat Bina Teknis Permukiman dan Perumahan, Direktorat Cipta Karya. Pengujian dilakukan untuk mengembangkan material bambu dan mempercepat waktu stabilisasi dalam tanah di lokasi konstruksi.

Saat ini pembangunan Paket 1B menggunakan anyaman bambu yang berjarak sekitar 10 kilometer dari laut dan membutuhkan sekitar 10 juta batang bambu yang dianyam oleh 1.500 pekerja terampil, demikian bunyi siaran pers tersebut.

BPJT menyebutkan bambu yang digunakan berasal dari berbagai daerah seperti Wonogiri, Maglang, dan Porvoorjo. Tidak bisa sembarangan memilih, bambu yang digunakan harus memenuhi kriteria lurus, panjang 8 meter dan diameter 8-10 cm.

BPJT meyakini penggunaan material bambu tidak hanya menjadi tumpuan namun juga menjamin keberlangsungan ekosistem laut. Harapannya, bambu yang digunakan sebagai kasur nantinya akan tenggelam dan menjadi bagian dari terumbu sehingga menambah kekuatan struktur di bawah air.

Pembangunan Tol Semarang-Damak di Provinsi Jawa Tengah terus dilakukan untuk melindungi kawasan mangrove di sepanjang pesisir pantai Utara Jawa, tulis BPJT. Simak video di bawah ini: Video: Kementerian PUPR bahas progres lelang ulang Tol Gataki (rsa/wur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *