Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Janji CEO Microsoft ke Jokowi: Mau Cetak 840.000 Talenta AI di RI

Jakarta, CNBC Indonesia – Dunia sedang berlomba mengembangkan teknologi kecerdasan buatan. Indonesia tidak akan ketinggalan pelatihan untuk mengadopsi kecerdasan buatan.

Selain infrastruktur yang memadai, talenta digital juga berperan penting bagi AI untuk menjadi pemain di ekosistem global.

Saat berkunjung ke Indonesia, CEO Microsoft Satya Nadella berjanji akan berinvestasi besar-besaran dalam pengembangan kecerdasan buatan di Tanah Air.

Hal itu terungkap langsung saat bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada Selasa (30 April 2024) pagi tadi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi yang turut hadir dalam pertemuan Nadella dan Jokowi mengatakan, Microsoft berkomitmen untuk mencetak 840.000 talenta digital khusus AI di Indonesia selama empat tahun ke depan. Itu berarti ada 210.000 talenta digital di bidang AI setiap tahunnya.

“Sungguh luar biasa memiliki generasi muda yang memiliki keterampilan di bidang AI, setidaknya Indonesia memiliki sumber daya manusia untuk menjadi konsumen dan memasuki ekosistem global,” ujarnya.

Dharma Simorangkir, Head of Microsoft Indonesia, mengatakan Jokowi juga meminta Microsoft mengembangkan riset di Indonesia.

“Saya sebelumnya berdiskusi dengan Presiden mengenai pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan pusat penelitian bersama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia. Khususnya pelatihan talenta digital di bidang kecerdasan buatan,” ujarnya.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie, pemerintah juga telah menawarkan beberapa lowongan kepada pusat penelitian tersebut.

“Kami menawarkan lokasi berbeda. Bali, IKN termasuk kami membantu pemerintah untuk mengembangkan smart city di IKN,” ujarnya.

Pemanfaatan kecerdasan buatan di Indonesia dimungkinkan pada beberapa sektor. Salah satu yang dibahas adalah sektor pertanian, khususnya pertanian dan perikanan.

Makanya yang terpenting adalah transformasi digital. Ini kunci human capital, pembangunan tidak hanya fisik,” kata Menkominfo Budi Arie.

Investasi Microsoft di Indonesia mencapai 1,7 triliun dolar sekitar 27,6 triliun rupiah. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan komitmen investasi Apple sebesar Rp 1,6 triliun yang diumumkan saat CEO Tim Cook berkunjung ke Indonesia pada 17 April 2024. Simak video di bawah ini: Video: Menkominfo menjamin dan menginformasikan fasilitas canggih kelas dunia milik IDTH (fab / luar biasa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *