Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Joe Biden Menggila Lumpuhkan China, Belanda hingga Jepang Diseret

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintahan Joe Biden mengambil beberapa langkah untuk melawan perkembangan teknologi China. Baru-baru ini para pejabat AS mengunjungi Jepang setelah bertemu dengan pemerintah Belanda. Menurut laporan Reuters dari sumber dalam, pertemuan tersebut bertujuan untuk mendorong negara-negara sekutu memperketat pembatasan akses Tiongkok terhadap manufaktur semikonduktor canggih.

Kepala kebijakan ekspor AS Alan Estevez mengunjungi Jepang dan Belanda minggu ini untuk memperbarui perjanjian tahun 2023 antara ketiga negara.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk mencegah akses peralatan manufaktur chip di China. Pemblokiran akses ke Tiongkok didasarkan pada kekhawatiran bahwa negara tersebut akan memperkuat militernya menggunakan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI).

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian mengatakan pihaknya menentang upaya AS untuk menekan pengembangan semikonduktor China dengan melibatkan negara lain.

“Sikap [AS] ini akan menghambat perkembangan industri semikonduktor global dan kemudian menjadi kontraproduktif,” kata Lin dalam konferensi pers di Beijing, seperti dikutip Reuters, Kamis (20 Juni 2024).

Sekadar informasi, pada tahun 2022, untuk pertama kalinya, AS mengeluarkan kebijakan untuk membatasi peralatan manufaktur chip dan chip canggih di China. Saat itu, perusahaan seperti Nvidia dan Lam Research dilarang menjual produknya di Tiongkok

Pada Juli 2023, AS juga meminta perusahaan Jepang Nikon dan Tokyo Electron untuk berhenti mengekspor 23 jenis peralatan pembuat chip ke Tiongkok.

Selain itu, pemerintah Belanda mengeluarkan ketentuan lisensi baru untuk peralatan DUV ASML di Tiongkok. Pemerintah Belanda juga mengatakan setelah 1 Januari 2024, pembeli dari China akan kesulitan mendapatkan mesin chip terbaik.

ASML adalah pembuat chip terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Tonton video di bawah ini: Langkah-Langkah Strategi Keluar Modal Ventura untuk Startup Menghadapi Gejolak Global (fab/fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *