Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Jokowi & Prabowo Cs Terima Kedatangan PM Singapura di Istana Bogor

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Senin (29/4/2024). Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka Singapore – Indonesia Leaders Retreat.

Iring-iringan mobil PM Lee tiba di gerbang Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Presiden Jokowi menemui langsung saat Perdana Menteri Singapura turun dari mobil dan langsung berjabat tangan.

Tidak ada upacara penyambutan. Dijelaskan, kunjungan Perdana Menteri Singapura merupakan kunjungan kerja, bukan kunjungan kenegaraan.

Setelah itu kedua kepala negara memperkenalkan delegasinya masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mempersilakan Perdana Menteri Lee untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu negara di Ruang Teratai.

Setelah itu, keduanya menuju teras belakang Istana Bogor untuk berbincang sebentar. Kemudian pertemuan bilateral digelar di Oval Office.

Seperti diketahui, ini merupakan tahun terakhir bagi dua pemimpin di negeri ini. Masa jabatan Jokowi berakhir pada 20 Oktober 2024 dan akan digantikan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Sedangkan Lee akan digantikan oleh Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong sebagai Perdana Menteri Singapura pada 15 Mei 2024.

Menurut informasi dari Perdana Menteri di situs Singapura, ini adalah pertemuan retret pemimpin yang ketujuh dan terakhir dengan Presiden Jokowi.

Sejumlah diskusi akan dilakukan dimulai dengan peninjauan kerja sama bilateral, serta beberapa kesepakatan. Seperti Flight Information Area (FIR) di Kepulauan Riau dan Natuna, Perjanjian Ekstradisi tahun 2022, Pakta Kerjasama Pertahanan tahun 2007 dan Perjanjian Penetapan Batas Laut Teritorial di Selat Singapura Bagian Timur bulan September 2014, serta kerjasama investasi dan perdagangan.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Indonesia terdiri dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yassona Laoly, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kabinet Pramono Anung.

Sedangkan warga Singapura antara lain Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Lawrence Wong, Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean, Menteri Pertahanan Ng Eng Hen, dan Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan dan lain-lain. Tonton video di bawah ini: Video: Presiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Singapura didampingi Prabowo (emy/mij)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *