Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Jokowi Punya Tugas Baru ke Luhut: Ambil Beras Impor dari Kamboja

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Kelautan dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan tugas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini, sumber pasokan beras Indonesia tidak berada di dalam negeri, melainkan di Kamboja.

Perintah tersebut diberikan kepada Perum Bulo. Hal ini untuk menjaga kredibilitas Stok Beras Pemerintah (CBP).

Luhut mengaku instruksi tersebut diperintahkan Jokowi untuk dipatuhi. Hal itu disampaikan Luhut saat memberikan pidato ucapan selamat dalam rangka HUT Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipm) ke-52 di Hotel Fairmont Jakarta, Senin (10/6/2024).

“Bulog punya beberapa sumber beras di Kamboja. Pak Presiden suruh saya tindak lanjuti. Kita sudah tindak lanjuti, sekarang tinggal lakukan pemeriksaan,” kata Luhut, Selasa (11/6/2024).

Bahkan, Indonesia juga mengimpor beras dari Kamboja. Meski porsinya jauh lebih kecil dibandingkan sumber impor ASEAN lainnya seperti Vietnam dan Thailand.

Indonesia mengimpor beras dari Kamboja untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Dilaporkan pada November 2023, sebanyak 3.500 ton beras impor dari Kamboja masuk ke wilayah Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang.

Dan pada awal bulan Maret 2024, Dubes RI mengunjungi kawasan Santo Darmosumarto Kerajaan Kamboja yang dikenal sebagai salah satu istana padi Kamboja. Secara spesifik, provinsi Prey Veng yang terletak 100 km dari pusat kota Phnom Penh.

Berdasarkan informasi di situs resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), kunjungan ini berkaitan dengan hasil pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Kamboja Hun Manet dalam rangka KTT Istimewa ASEAN-Australia yang digelar di Melbourne. di awal bulan Maret. 2024. Alasan Jokov

Jokowi pun menjelaskan alasannya berniat mengambil beras dari Kamboja.

Proses bisnis yang dilakukan Bulog akan memastikan stok beras negara kita tetap aman, kata Jokowi usai menghadiri acara HIPMI ke-52 di Jakarta, Senin (10/06/2024).

“Daripada membeli, lebih baik berinvestasi,” tegas Jokowi. Simak video berikut ini: Video: BULOG Milik Jokowi Beberkan Alasan Beli Sumber Beras di Kamboja (dce/dce)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *