Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Jokowi Sudah Belanja Rp 1.145,3 Triliun Tahun Ini, Untuk Apa Saja?

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghabiskan Rp 1.145,3 triliun pada tahun 2024. APBN hingga 2024 Ny. Nilai tersebut meningkat 14% dibandingkan realisasi nilai APBN tahun 2023 pada bulan Mei yang sebesar Rp 1.004,9 triliun.

Dibandingkan target belanja tahun ini sebesar Rp3.325,1 triliun, jumlah tersebut telah dibelanjakan sebesar 34,4%.

“Belanja pemerintah akan tetap fokus pada tren dan tekanan untuk mendukung massa,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan di Jakarta, Senin. (24/06/2024).

Belanja pemerintah sebesar Rp1.145,3 triliun diimbangi oleh belanja pemerintah pusat sebesar Rp824,3 triliun, meningkat 15,4% dari bulan yang sama tahun lalu. Transfer daerah sebesar Rp 321 triliun atau meningkat 10,5% dibandingkan tahun 2023. Ibu.

Sri Mulyani menjelaskan, dari seluruh dana yang dikeluarkan pemerintah, manfaat langsungnya bagi masyarakat sebesar Rp640,9 triliun. Hal ini mencakup belanja sumber daya manusia, pendidikan, infrastruktur, kesehatan, efisiensi energi, pertanian dan usaha kecil dan menengah atau UKM.

“Tahun 2024 Bu kita keluarkan Rp 640,9 triliun. Oleh karena itu, kita harus menghadapi permasalahan dunia yang terus kita ketahui,” tegasnya.

Pemerintah mengalokasikan Rp14,2 triliun untuk jaminan sosial atau bantuan pembangunan dalam bentuk Program Keluarga Harapan (PKH). Lalu ada kartu sembako senilai Rp 22,3 triliun.

Memanfaatkan pendidikan seperti Program Indonesia Pintar – Rp 7,1 triliun, Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk perguruan tinggi – Rp 6,7 triliun, Kegiatan Sekolah di Bawah Kementerian Agama (BOS) – Rp 5,2 triliun dan dukungan perguruan tinggi negeri atau BOPTN Rp 875,5 miliar

Dari sisi belanja infrastruktur, Rp56,6 triliun untuk pembangunan atau renovasi infrastruktur antara lain jalan, jembatan, kereta api, bandara, pelabuhan, bendungan, jaringan irigasi, SPAM, gedung, gedung pendidikan tinggi, dan energi surya.

Untuk kesehatan, saya mengeluarkan uang untuk Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional atau PBI JKN yaitu Rp 19,3 triliun.

Rencana daya beli energi memiliki konsumsi BBM sebesar Rp6,6 triliun dan nilai subsidi LPG 3 kg sebesar Rp26,8 triliun.

Jumlah yang dibelanjakan untuk peralatan dan mesin pertanian – traktor, pompa air, penyemprot tangan dan penggilingan padi – adalah 727,9 miliar. Rp. Saat ini suku bunga kredit korporasi (KUR) UKM sebesar 2 juta. debitur.

Tonton video di bawah ini: Pak Jokowi, bantuan pembangunan bukan jawabannya, masyarakat miskin yang membutuhkannya (haa/haa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *