Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Kecerdasan Anak Diturunkan dari Ibu atau Ayah? Ini Risetnya

Jakarta, CNBC Indonesia – Otak anak erat kaitannya dengan faktor genetik. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ibu adalah penyebab utama kecerdasan anak, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychology Spot.

Para peneliti mewawancarai 12.686 remaja berusia antara 14 dan 22 tahun. Mereka ditanyai tentang banyak hal, termasuk ras, tingkat pendidikan, status sosial, status ekonomi, dan pertanyaan serupa juga ditanyakan kepada para ibu dalam survei ini.

Menyelidiki masalah di atas, para peneliti mengatakan bahwa perempuan seringkali mewariskan gen yang diciptakan oleh kromosom X kepada anak-anaknya.

Studi menunjukkan bahwa perempuan memiliki dua kromosom X, sedangkan laki-laki hanya memiliki satu kromosom X, yang berarti bahwa perempuan dua kali lebih mungkin mewariskan kecerdasan kepada anak-anaknya dibandingkan laki-laki.

Sementara itu, peneliti menunjukkan bahwa orang tua cenderung mewarisi sejumlah sifat yang ditentukan secara genetik, seperti kecerdasan dan emosi. Warisan ini juga menjadi kunci untuk membuka potensi kecerdasan anak.

“Jika gen yang sama diwarisi dari ayah, maka gen tersebut akan terhapus. Tentu saja, beberapa gen bekerja secara berbeda, mereka hanya bekerja jika berasal dari ayah,” ungkap sebuah penelitian di Psychology Spot.

Secara umum, baik gen dari pihak ibu maupun dari pihak ayah dapat menurunkan kecerdasan. Hanya saja kekuasaan yang lebih tinggi itu ditularkan oleh ibu, apapun pola asuh keduanya. Tonton video di bawah ini: Video: 27 artis akan tampil di Allo Bank Festival 2024 (hsy/hsy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *