Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tanggal 9 April, Idul Fitri Jatuh 10 April?

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Agama menyatakan akan menggelar rapat isbat penetapan tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024, pada 9 April. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki.

Sidang isbat akan selalu kami selenggarakan pada tanggal 9 April 2024, kata Saiful, Jumat (28/3/2024).

Keputusan rapat isbat itu bertepatan dengan syarat status bulan baru, yakni memenuhi persyaratan Kementerian Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS). Tinggi dada sekitar 3 derajat dan panjangnya sekitar 6,4 derajat.

Lantas kapan Idul Fitri 2024?

Biasanya Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 10 April. Jika hal ini terjadi, maka Idul Fitri akan jatuh bagi masyarakat Indonesia, bagi pemerintah, dan bagi beberapa ormas seperti Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah akan jatuh pada hari yang sama.

Insya Allah Idul Fitri juga diperingati seluruh umat Islam di Indonesia. Namun nanti kami konfirmasi lagi pada 9 April untuk menggelar pertemuan Isbat di Jakarta, ujarnya.

Muhammadiyah diketahui sudah menjadwalkan libur Idul Fitri 2024 sejak awal. Hal ini berdasarkan arahan Muhammadiyah, Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang hasil penjumlahan Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah yang mana Idul Fitri jatuh pada tanggal 10 April. NU sendiri mengamini keputusan Muhammadiyah tersebut.

Selengkapnya klik di sini>>> Tonton video di bawah ini: Ketua Asuransi Syariah Ungkap Prospek Keuntungan dari Asuransi Mobil Listrik (sef/sef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *