Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Kini Nyata, Pelawak Sampai Tukang Pisang Bisa Jadi Pemimpin Negara

Jakarta, CNBC Indonesia – Perjalanan hidup seseorang memang tidak bisa ditebak. Ada seseorang yang seorang komedian, lalu tiba-tiba menjadi presiden. Ada juga yang mengaku tidak terlibat dalam politik apa pun dan ingin mengabdikan diri pada bisnisnya, namun pada akhirnya merekalah yang menjadi penguasa negara.

Sejarah mencatat berbagai pekerjaan yang dilakukan masyarakat sebelum mereka menjadi pemimpin dunia, mulai dari pembuat produk, komedian, hingga pembuat panggung. Bukan siapa-siapa?

1. Volodymyr Zelensky, Ukraina

Zelenski telah menghabiskan separuh hidupnya di dunia akting. Dia pernah berperan sebagai Presiden Ukraina dalam sebuah acara TV. Namun siapa sangka ternyata peran yang tadinya hanya fiksi menjadi nyata. Pada 2019, Zelensky yang sama sekali tidak memiliki pengalaman politik berhasil meraih suara terbanyak pada putaran pertama pemilihan presiden di Ukraina.

Keberhasilannya menjadi presiden dalam pemilu bahkan berhasil mengalahkan presiden saat ini, Petro Poroshenko. Diketahui, Petro berada di peringkat kedua dengan perolehan suara 16%. Saat ini, Zelensky masih menjadi presiden Ukraina dan menjadi pusat serangan militer Rusia. 2. Daniel Noboa, Ekuador

Pada pemilu Ekuador yang digelar akhir tahun 2023, Daniel Noboa sukses meraih suara terbanyak. Dengan demikian, ia sah menjadi presiden terpilih dan menjadi presiden termuda sepanjang sejarah Ekuador.

Daniel Noboa lulus dari Sekolah Harvard Kennedy. Ia memiliki pengalaman bertani pisang yang merupakan bisnis keluarga. Berdasarkan hal itu, dia sama sekali tidak punya pengalaman politik. Para analis juga mengatakan bahwa hal ini merupakan beban berat untuk menghadapi kondisi sulit di Ekuador.

Noboa sendiri akan dibuka pada Mei 2025.

3. Ronald Reagan, Amerika Serikat

Ronald Reagan adalah presiden Amerika Serikat selama dua periode berturut-turut, dari tahun 1981 hingga 1989. Sebelum menjadi presiden, pria kelahiran Illinois tahun 1911 ini merupakan aktor terkenal di negeri Paman Sam.

Meski berpengalaman di dunia, bukan berarti rakyatnya meragukan kepemimpinan Reagan. Namun, sebelum menjadi presiden, ia mempelajari pemerintahan sebagai gubernur California yang mewakili Partai Republik dari tahun 1967 hingga 1975.

Saat menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, ia memotong pajak, meningkatkan anggaran pertahanan, dan berpartisipasi dalam negosiasi untuk mengurangi penggunaan senjata nuklir dalam perang. Ia juga mendapat keistimewaan khusus karena dianggap sebagai berakhirnya Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet4. Joko Widodo, Indonesia

Sejarah Indonesia selalu mencatat bahwa pemimpin negara berasal dari keluarga bangsawan. Namun, hal itu berubah ketika Joko Widodo menjadi presiden ketujuh Indonesia

Orang yang biasa disapa Jokowi ini mengawali karirnya sebagai produsen furnitur di Solo pada tahun 1988. Pada tahun tersebut ia mendirikan CV Rakaba. Usahanya naik turun, hingga akhirnya bisa mengekspor, dan perusahaannya menjadi PT Rakabu, dan pada tahun 2000-an usahanya mencapai miliaran.

Setelah bisnis, Jokowi terjun ke dunia politik. Dia telah mencetak rekor seseorang yang tidak pernah kalah dalam pemilu. Mulai dari Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga akhirnya menjadi Presiden Indonesia. 5. Gibran Rakabuming, Indonesia

Gibran merupakan putra Presiden Indonesia, Joko Widodo. Memulai karirnya sebagai pengusaha yang berpusat di Solo. Sebagian besar pekerjaannya adalah di industri makanan dan minuman. Mulai dari martabak, masakan, olahan pisang, hingga makanan modern.

Usai urusan bisnis, Gibran menjadi Wali Kota Sol pada Februari 2021. Di dunia politik, ia termasuk salah satu anak muda dengan aksi politik tercepat. Tiga tahun setelah menjadi walikota, Gibran diumumkan sebagai wakil presiden terpilih Indonesia bersama Prabowo Subianto. Keduanya akan resmi dibuka pada 20 Oktober 2024.

Berikut 5 pemimpin dari seluruh dunia dengan pengalaman berbeda. Namun, tidak ada seorang pun yang tahu bagaimana kehidupan berjalan, kecuali Tuhan Yang Maha Esa.

Simak video di bawah ini: Video: Keuntungan Bisnis Kopi Asli Indonesia (mfa/mfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *