Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Kisah Muslim Terkaya, Punya Rp20 T Berkat Ikuti Nasihat Orang Tua

JAKARTA, CNBC Indonesia – Inilah kisah Syed Mukhtar Al-Bukhari, pengusaha asal Malaysia yang memiliki kekayaan 1,3 miliar dolar AS atau 20,6 miliar rupiah. Menariknya, perjalanannya menuju kesuksesan sebagai wirausaha berkat mengikuti nasehat orang tuanya.

Kisah ini terjadi pada tahun 1960an. Mokhtar, yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah, mengaku harus membantu orangtuanya berjualan. Ibu adalah seorang penjual sayur. Sedangkan ayahnya adalah seorang petani. Setiap hari dia berpartisipasi dalam perdagangan panik di pasar. Menurut Muslim Insider, praktik ini mengasah keterampilan kewirausahaannya bahkan setelah ia meninggalkan sekolah pada usia dini.

Hasilnya bertahan lama, bahkan ketika memulai usahanya pada tahun 20-an atau 1970-an, Shad tidak bingung. Dia sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika memulai bisnis. Alhasil, pria kelahiran 12 Desember 1951 ini memulai usahanya tanpa kendala setelah mendapat pinjaman dari pemerintah.

Ia memulai usahanya sebagai penjual beras dan persewaan truk. Harta milik truk tersebut digunakan untuk pemindahan beras dari pedagang lain. Hasilnya, ia bisa mendapatkan keuntungan lebih selain menjual beras. Meski memulai usaha kecil-kecilan, Mukhtar teringat kata-kata ibunya: sumbangkan sebagian uang yang diperolehnya untuk amal. Dari sini ia menyumbangkan keuntungannya sebagai penjual beras kepada 15 keluarga miskin.

“Harta harus beredar. Kalau menghasilkan uang, harus disumbangkan. Ibu saya mengajarkan kepada kami bahwa tidak ada yang menjadi milikmu kecuali jika diberikan dari hati dengan harapan dapat memudahkan hidup seseorang,” ujarnya.

Banyak orang yang mengira bahwa sikap-sikap tersebut dipadukan dengan keterampilan kewirausahaan sejak kecil akan membuat setiap langkah bisnis Mokhtar sukses. Selang beberapa waktu, ia mendapat kontrak untuk menyuplai beras ke pemerintah. Sejak itu, bisnisnya berkembang pesat dan menjadi contoh bisnis pribumi yang sukses di Malaysia.

Selain berdagang beras, mereka juga diketahui melakukan usaha di bidang perkebunan, pelabuhan, dan manufaktur. Khusus di bidang produksi, juga diketahui terlibat dalam produksi pakaian militer dan merek ternama lainnya. Gara-gara bisnisnya itu, Forbes menobatkannya sebagai orang terkaya di Malaysia sejak tahun 2005. Bahkan, pada tahun 2013 ia tercatat sebagai orang terkaya ke-50 di dunia. Forbes saat ini mencatatkannya sebagai orang terkaya ke-11 di Malaysia dengan kekayaan US$1,3 miliar atau 20,6 miliar rupiah.

Bahkan ketika ia menjadi orang terkaya, ia tetap mengikuti nasihat orang tuanya tentang bersedekah. Ia aktif dalam kegiatan filantropi di Malaysia. Apalagi, ia tak mau pamer kekayaan dan memilih hidup sederhana. Saksikan video di bawah ini: Video: Keuntungan Nyata Bisnis Kopi Indonesia (mfa/mfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *