Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Kisah Pria AS Punya Harta Rp 85 Triliun Berkat Ikuti Nasihat Ayah

JAKARTA, CNBC Indonesia – Miliarder Amerika Mark Cuban memiliki kekayaan bersih US$5,4 miliar atau Rp 85,9 triliun. Jumlah kekayaan tersebut berasal dari investasi dan jaringan bisnis Kuba yang didirikan puluhan tahun lalu

Kesuksesan tersebut tidak mudah dan merupakan perjalanan panjang bagi Mark Cuban. Menariknya, banyak yang belum mengetahui bahwa kesuksesan Kuba dengan aset Rp 85,9 miliar itu diraih dengan mengikuti nasehat ayahnya.

Pada usia 14 tahun, Cuban mendengar dari ayahnya, Norton, tentang waktu dan pendapatan. Saat itu, Norton, yang bekerja 60 jam seminggu di sebuah perusahaan, memperingatkan Cuban bahwa waktunya terbatas. Berdasarkan hal tersebut, sebenarnya tidak ada seorang pun yang memiliki masa depan bekerja di satu perusahaan dalam waktu lama

“Waktu ini dihabiskan tanpa mengetahui apa yang dilakukan ayah saya, tetapi mengetahui bahwa pekerjaannya tidak memiliki masa depan,” kata Cuban kepada CNBC Make It, Selasa (2/4/2024), seperti dikutip CNBC.

Bahkan, seringkali pekerja dibatasi jam kerjanya, sehingga tidak berkembang dan menjadi kaya. Berdasarkan nasihat tersebut, Kuba memutuskan untuk fokus menjadi wirausaha, dan tidak lagi menjadi budak perusahaan. Sebagai seorang pengusaha, Kuba mengaku bisa fokus pada perkembangannya dan bebas berbisnis kapan saja hingga mencapai kekayaan satu miliar rupiah.

Selain soal waktu yang tepat, ayahnya juga memberikan nasehat lain tentang pentingnya menabung. Saat berusia 12 tahun, Norton berpesan kepada Cuban bahwa jika ingin mencapai sesuatu, Anda harus menabung terlebih dahulu.

Saat itu, siapa pun kelahiran 31 Juli 1958 ingin membeli sepatu baru. Namun keinginan tersebut tidak terkabul karena ayahnya menolak membelinya dan meminta Kuba menyelamatkannya terlebih dahulu. Alhasil, ia mulai menjalankan usaha kecil-kecilan sebagai dealer di daerah asalnya.

Pendidikan dari ayahnya inilah yang membuatnya mampu mengembangkan kemampuan wirausaha sejak kecil. Diketahui, saat remaja Kuba sudah memiliki usaha sampingan, mulai dari berjualan prangko, mengajar kursus, hingga membuka usaha minuman.

Terakhir, dua nasihat yang diterima ayah saya semasa kecil berhasil. Soal waktu, menabung, dan berwirausaha menjadikan Mark Cuban salah satu orang terkaya di Amerika dengan kekayaan bersih Rp 85,9 miliar. Beliau saat ini terlibat dalam kegiatan bisnis dan menjadi investor di perusahaan-perusahaan besar. Saksikan video di bawah ini: Video: Keuntungan dasar dari bisnis kopi Indonesia (mfa/sef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *