Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Kolesterol Naik Usai Makan Daging? Turunkan dengan 5 Buah Ini

JAKARTA, CNBC Indonesia – Olahan daging sapi, kambing, dan domba kerap menjadi santapan yang ditunggu-tunggu hampir seluruh masyarakat saat hari raya Idul Adha. Namun dibalik kandungan makanan tersebut, Anda tetap perlu mewaspadai yaitu kolesterol.

Kolesterol merupakan salah satu kondisi yang banyak diderita masyarakat pasca Idul Adha akibat pola makan yang tidak teratur. Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi yang tidak boleh diabaikan, karena kolesterol merupakan sumber atau pemicu berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan memburuknya sirkulasi darah.

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengatur pola makan, salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi buah-buahan. Berikut buah-buahan yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi, dihimpun dari berbagai sumber.

1. apel

Apel adalah buah pertama yang paling efektif untuk menurunkan kolesterol. Buah ini mengandung serat larut yang sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition, peserta penelitian yang mengonsumsi 550 gram apel per hari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Namun, efek ini tidak terlihat pada peserta penelitian yang mengonsumsi jus apel bening karena seratnya telah dihilangkan. 2. Alpukat

Selain untuk diet, alpukat juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh. Pasalnya buah ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

“Apa pun, termasuk alpukat, akan memiliki rasio lemak tak jenuh tunggal versus lemak tak jenuh ganda yang sangat baik,” kata ahli diet Mayo Clinic Emily Schmidt, RDN.

“Terlalu banyak lemak tak jenuh ganda saja dapat menurunkan kolesterol baik [HDL],” katanya.

Meski bisa dimakan langsung, alpukat juga bisa dicampur dengan bahan lain, seperti penggunaan minyak alpukat dalam masakan, pembuatan salad, atau sandwich.

3. Memberi

Buah beri seperti blackberry, blueberry, raspberry, delima, dan stroberi juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling efektif. Pasalnya, buah-buahan tersebut kaya akan serat larut dan rendah gula sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Gwafa

Kandungan dalam buah jambu biji dapat membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan potasium pada buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Buah-buahan kaya akan serat larut

Ada buah lain yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, seperti pisang, jeruk, pir, dan plum, karena mengandung serat larut dalam jumlah tinggi sehingga menghambat penyerapan kolesterol oleh sistem pencernaan. Simak videonya di bawah ini: Video: Tas Lokal Murah Kualitas Mewah ala Brand Lokal (hsy/hsy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *