Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Kredit Macet Pinjol Tembus 7,33%, Bos KoinWorks Buka Suara

Jakarta, CNBC Indonesia – Grup perdagangan KoinWorks Peer to Peer (P2P), Koin P2P, mencatatkan laporan kredit negatif atau tingkat bunga 90 hari (TWP 90) sebesar 7,33%.

Seperti diketahui, Badan Keuangan (OJK) menetapkan batas wajar TWP90 sebesar 5%. Benedicto Haryono, CEO dan pendiri Koinworks pun menjelaskan penyebab permasalahan ini.

Dia mengatakan TWP90 dalam koin P2P bisa tinggi karena sebagian pendanaannya ditujukan untuk usaha kecil dan menengah. Sementara kinerja UMKM di banyak sektor bermasalah.

Bene dalam jumpa pers di Jakarta mengatakan: “Kami membandingkan eksposur kredit dengan perbankan seperti BRI, karena portofolionya juga sangat mirip. Loan to Risk (LAR) mereka mirip dengan kami. Dari sepuluh persen”. . , pada Rabu, (19/6/2024).

Di sisi lain, industri juga bertemu dengan TechWinter. Koin P2P, yang mendanai banyak proyek online, sangat berpengaruh.

Dia menjelaskan, “Juga, TechWinter, mereka juga memotong promosinya. Ya, ini bisnis yang sulit untuk disaingi. Ada yang terlibat.”

Untuk mendukung para donor tersebut, partai juga mencoba melakukan reformasi untuk mengurangi manfaatnya.

Selain itu, koin P2P kini memilih kategori pendanaan yang lebih rendah. Saat ini, 80% portofolio pendanaan Koin Work didominasi oleh pendanaan UMKM.

Ia pun mengaku pihaknya sudah berdiskusi dengan OJK mengenai rencana tersebut. Tujuannya, Koin P2P bisa menyelesaikan utang bermasalahnya pada akhir Oktober.

“Tapi kalau dilihat sebenarnya, mungkin Oktober-November saya kira. Kami masih komunikasi dengan OJK,” ujarnya.

Simak video berikut ini: Video: Lebih Banyak Manfaatnya bagi UMKM, Ini “Obat” yang Kita Butuhkan! (fsd/fsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *