Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

KRIS BPJS Kesehatan Bisa Bikin RS di RI Kehilangan 23.220 Tempat Tidur

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemberlakuan Kelas Standar Internasional (KRIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) akan berdampak pada pengurangan tempat tidur rumah sakit (RS), ungkap Wakil Menteri Kesehatan Dante Saxono Harbuono. Hal itu diungkapkan Dante saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Menurut Dante, total tempat tidur rumah sakit di seluruh Indonesia mencapai 253.120. “Jika (keputusan ini) diterapkan maka akan ada 23.220 tempat tidur yang hilang,” kata Dante seraya menambahkan bahwa hal tersebut tidak akan berdampak pada masyarakat. Sebab, setiap rumah sakit memiliki Bed Occupancy Ratio (BOR) yang sama.

“Rasio kerja keseluruhan di rumah sakit berkisar 50-60%,” katanya seraya menambahkan bahwa hal tersebut sejalan dengan mandat WHO yaitu 1:1000 populasi saat ini. Dante mengatakan Chris akan meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit kepada masyarakat. Jika dulu satu paroki berjumlah 8-10 orang, sekarang menjadi empat orang, “tetapi kualitas ini harus kita evaluasi bersama dalam melaksanakan program-program di KRIS,” kata Dante. Tonton videonya di bawah ini: Video: Meredakan pegal-pegal di badan dengan BioHealing (miq/miq).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *