Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Lagi! Perusahaan Arab Temukan ‘Harta Karun’ di Laut Aceh

Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan energi Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Mubadala Energy baru-baru ini mengumumkan penemuan sumber gas yang besar dari sumur eksplorasi laut dalam Tangkulo-1 yang dibor di Andaman Selatan. Blok tersebut terletak sekitar 65 kilometer (km) di lepas pantai bagian utara Pulau Sumatera, Indonesia.

Penemuan ini merupakan sumur laut dalam kedua yang dioperasikan oleh Mubadala Energy.

Sumur Tangkulo-1 dibor hingga kedalaman 3.400 meter di kedalaman laut 1.200 meter, hanya beberapa bulan setelah penemuan besar di Sumur Layaran-1 yang masih berada di blok Andaman Selatan.

Dengan menggunakan desain Drill Stem Test (DST) terbaru, Sumur Tangkulo-1 berhasil menghasilkan 47 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) gas berkualitas dan 1.300 barel kondensat. Meski hasil pengujian terbatas karena kapasitas yang tersedia, sumur tersebut memiliki kapasitas 80-100 MMSCFD dan lebih dari 2.000 barel kondensat.

Kepala Satuan Tugas Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengakui keberhasilan Mubadala Energy menemukan lebih dari 2 triliun kaki kubik (TCF) potensi gas di Tangkula-1. .

Sebab, pada tahun sebelumnya, perseroan juga menemukan sumber pasokan gas melalui sumur Layaran-1 yang di dalamnya terdapat potensi gas sebesar 6 TCF.

“Jadi potensi gas Andaman Selatan saat ini tersedia sekitar 8 TCF gas. Hal ini akan memberikan dorongan positif bagi SKK Migas dan industri migas dalam mendukung ketahanan energi nasional,” kata Dwi dalam keterangan tertulis, Senin. 13.05.2024).

Lebih lanjut, Dwi mengatakan penemuan ini menegaskan besarnya potensi yang ada di Kepulauan Andaman dan berharap KKKS lain yang saat ini beroperasi di blok lain di Andaman akan melakukan eksplorasi yang agresif seperti Mubadala Energy.

Ia juga meminta dukungan seluruh pemangku kepentingan dan berharap industri menengah dan hilir siap memanfaatkan sepenuhnya produksi gas blok Andaman di masa depan.

Sementara itu, CEO Mubadala Energy Mansoor Mohammed Al Hamed mengatakan bahwa dengan keberhasilan Mubadala baru-baru ini di sumur Layaran-1, penemuan terobosan ini menjanjikan transformasi lanskap energi di Indonesia dan Asia Tenggara dan menunjukkan bahwa blok Andaman Selatan adalah salah satu yang paling menjanjikan di dunia. sumber energi.

“Dengan bekerja sama dengan mitra dan membangun kemampuan teknis global, saya yakin kami akan mampu memanfaatkan potensi blok tersebut sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung rencana pembangunan pemerintah. Informasi ini memperkuat kemampuan kami untuk berperan aktif dalam pembangunan. pasokan gas. transisi energi berbasis strategi ” – Dia mengatakan.

Dengan kepemilikan 80% saham di blok Andaman Selatan, Mubadala Energy adalah pemilik lahan bersih terbesar di wilayah pesisir utara pulau Sumatra, menurut Mansoor.

“Sejalan dengan strategi berbasis gas perusahaan, sumur Tangkulo-1 merupakan pilar penting dalam narasi pengembangan kami, karena penemuan ini membuka peluang tambahan di bagian selatan blok Andaman Selatan dan mengindikasikan tambahan potensi sumber daya gas untuk berbagai sektor. TCF di struktur sekitarnya,” katanya.

Sementara itu, penemuan ini, bersama dengan sumur Layaran-1, akan menambah volume cadangan kontingen dan memberikan media bagi Mubadala Energy untuk melanjutkan pertumbuhan organik di lapangan melalui kegiatan eksplorasi dan penilaian lebih lanjut.

Tonton video di bawah ini: Video: Israel Serang Balik Iran, Harga Minyak dan Emas Melonjak (wia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *