Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Maaf Elon Musk, Internet Starlink Tak Bakal Laku di Jakarta

Jakarta, CNBC Indonesia – Masuknya Starlink di Indonesia tidak perlu menimbulkan kekhawatiran bagi industri telekomunikasi. Sebab, layanan internet satelit kalah bersaing di dalam kota.

“Jangan khawatir, harganya tidak akan bersaing dengan Indonesia, tidak akan bersaing, wajar saja. Kalau 3T, tidak di dalam kota, juga harganya tidak akan bersaing, kalau di dalam kota, akan kalah. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menjelaskan teknologi satelit sudah sesuai di wilayah tersebut. “Di Jakarta kami menggunakan satelit,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta, ( 30/4).

Budi Arie menjelaskan, Internet di perkotaan biasanya menggunakan fiber. Sementara itu, layanan satelit lebih dibutuhkan untuk wilayah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur lain.

Jika Starlink ingin masuk ke pasar retail, Budi Arie menyambut baik. Ia pun berpesan agar tidak diganggu dengan hal tersebut.

Soal harga jasa, Budi Arie menyerahkannya pada pasar. “Harganya pasar. Itu harga pasarnya,” ujarnya.

Budi Arie juga mengungkapkan, Starlink mendapatkan Surat Keterangan Validasi Operasional (SKLO) setelah menyelesaikan Uji Nilai Operasional (ULO). Hal ini menandakan bahwa perusahaan milik miliarder Elon Musk ini mampu memberikan layanan ritel kepada masyarakat Indonesia.

“Starlink itu memenuhi kriteria uji kelayakan pengoperasiannya di Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi Arie mengatakan Starlink akan menguji layanan tersebut. Rencananya proyek tersebut akan selesai pada Mei mendatang.

“Uji segala macam pelayanan begitu. Bulan Mei, pertengahan Mei,” kata Budi Arie. Tonton videonya di bawah ini: Video: Budi Arie buka-bukaan soal uji coba Starlink di Indonesia (fab/fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *