Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Mana yang Harus Diperhatikan, Laba Kotor, Operasional, atau Bersih?

Jakarta, CNBC Indonesia – Saat menganalisis laporan keuangan suatu perusahaan, Anda akan menemukan tiga jenis laba, yaitu laba kotor, laba operasi, dan laba bersih. Pertanyaannya adalah, manakah dari tiga manfaat di atas yang harus Anda ingat?

Ketiga manfaat ini tentunya penting untuk diketahui, apalagi jika Anda adalah seorang investor saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Agar lebih jelas, mari kita pahami perbedaan ketiga jenis manfaat ini. laba kotor

Laba kotor adalah selisih antara harga pokok penjualan barang dan jasa dengan biaya produksinya. Beban yang dijadikan beban sering disebut harga pokok penjualan (COGS) atau harga pokok penjualan (COGS).

Biaya yang termasuk COGS atau COGS adalah biaya pembelian bahan baku langsung dan mungkin juga termasuk biaya karyawan. laba usaha

Laba operasional adalah selisih antara laba kotor dan biaya operasional yang menunjang bisnis perusahaan yang mendasarinya.

Biaya yang termasuk dalam biaya operasional terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap meliputi biaya sewa dan asuransi, sedangkan biaya variabel meliputi biaya transportasi (logistik), keuangan, penyusutan, dan amortisasi. pendapatan yang dapat dibelanjakan

Padahal, laba bersih merupakan keuntungan perusahaan setelah dikurangi biaya produksi, operasional, dan pajak.

Manfaat ini sering disebut dengan keuntungan. Laba bersih sering kali dihitung secara total karena beberapa rasio keuangan menyertakan laba bersih.

Hal ini diukur dengan rasio harga-pendapatan (rasio PE), laba atas aset (ROA), laba atas ekuitas (ROE), dll. Bahkan dividen hanya dibagikan ketika perusahaan memperoleh laba bersih.

Ingin belajar analisis pasar saham dengan mudah? Daftar sekarang untuk Kelas Keuntungan Harian Pasar Modal khusus tentang ‘Investasi Saham: Peta Jalan Menuju Kekayaan’.

Hanya dengan Rp 50.000, Anda bisa belajar saham bersama pakar CNBC Indonesia. Tunggu apa lagi, datang dan daftar sekarang juga.

Tonton video di bawah ini: Video: Jika Anda tertarik terjun ke dunia real estat, cari tahu caranya! (Putih/Putih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *