Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Mau Cari Cuan Buat Ngakalin Potongan Gaji Tapera? Gak Gampang…

Jakarta, CNBC Indonesia – Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) menambah daftar pemotongan gaji masyarakat setiap bulannya. Biaya capera sebesar 3% dari gaji bulanan, pekerja harus membayar 2,5% dan sisanya kepada pemberi kerja.

Meskipun pemotongan ini sebenarnya merupakan “kontribusi tabungan” yang dapat dibayarkan di masa depan, namun pengurangan upah tetap mempunyai efek pengurangan pendapatan. Jika penghasilannya wajar dan tanggungan banyak, hal ini bisa menimbulkan masalah serius bagi keuangan pribadi.

Katakanlah gaji bersih Anda (garam bawa pulang) per bulan adalah Rp 10 juta dan karena dipotong 2,5% maka Anda mendapat Rp 9,75 juta per bulan. Per tahun penghasilan Anda Rp 117 juta.

Jika Anda memiliki dana menganggur sebesar Rp 50 juta, Anda dapat menutupi kesenjangan gaji dengan menginvestasikan dana tersebut pada instrumen investasi yang menawarkan imbal hasil sebesar 6% per tahun.

Investasikan dana pada surat berharga pemerintah dengan tingkat bunga tahunan sebesar 6,5 persen. Dengan modal Rp 50 juta, Anda bisa mendapatkan penghasilan tetap sebesar Rp 243.750 yaitu Rp 2,9 juta per tahun.

Tidak semua tabungan bernilai modal investasi

Ide untuk menginvestasikan dana pada instrumen berbunga untuk menutupi pemotongan gaji akibat Tapera mungkin cerdas, namun hal ini hanya bisa dilakukan jika dana tabungan benar-benar berada pada posisi cold cash atau tidak diperuntukkan untuk pembiayaan jangka pendek atau panjang. . sasaran

Namun bagaimana jika total tabungan Anda adalah Rp50 juta? Besar kemungkinan beberapa persennya merupakan simpanan dana darurat yang perlu disisihkan untuk mengantisipasi keadaan darurat.

Hal ini dapat membuat situasi Anda semakin sulit di kemudian hari ketika Anda dihadapkan pada segala risiko finansial yang muncul.

Ketika terjadi pemotongan gaji, mau tidak mau seseorang harus mengorbankan waktu untuk mencari penghasilan tambahan, entah itu mencari pekerjaan atau cabang, atau bisnis baru demi gaji yang lebih tinggi.

Simak videonya di bawah ini: Video: Nasib Generasi Z Saat Ini, Susahnya Cari Pekerjaan: Terjebak Pinjaman (aak/aak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *