Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

Membandingkan Debat Capres & Cawapres di Indonesia Hingga Peru

Debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) merupakan upaya sosialisasi kepada masyarakat mengenai profil, visi dan misi, serta program kerja pasangan presiden dan cawapres. Melalui debat ini, posisi politik calon presiden dan wakil presiden dapat diperjelas pada setiap topik yang dibahas secara lebih mendalam dan luas.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai biografi calon presiden dan wakil presiden, visi dan misi, serta program kerja. Dengan demikian, masyarakat khususnya pemilih dapat memanfaatkan informasi yang diperoleh dari debat tersebut sebagai salah satu bahan pertimbangan penonton dalam menentukan pilihannya.

Hingga saat ini, 85 negara menggunakan metode debat dalam kampanye pemilu mereka. Lihat tabel di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Berikut gambaran 11 dari 85 negara yang menggunakan metode debat dalam kegiatan kampanye pemilunya: A. Melakukan debat calon presiden dan wakil presiden di Indonesia

Argumen merupakan taktik kampanye yang dapat digunakan untuk meraih simpati pemilih. Perdebatan tersebut diatur dalam Pasal 275 ayat (L) huruf H Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Dalam peraturan perundang-undangan tersebut juga diatur dalam Pasal 277 ayat (6) yang menyatakan bahwa “Ketentuan tambahan mengenai pelaksanaan debat bilateral antar calon diatur dalam peraturan KPU.” Peraturan KPU yang mengatur debat bilateral antar calon diatur dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023, moderator debat Presiden dan Wakil Presiden adalah Komisi Pemilihan Umum. Debat yang dilaksanakan sebanyak 5 (lima) kali dengan ketentuan 3 (tiga) kali untuk calon presiden, dan 2 (dua) kali ketentuan untuk calon wakil presiden.

Model diskusi diimplementasikan dalam bentuk filter perantara. Moderator debat calon dipilih KPU dari kalangan profesional dan akademisi yang memiliki integritas tinggi, jujur, dan penuh kasih sayang, serta tidak memihak salah satu pasangan calon.

Arbiter dipilih KPU setelah mendengar masukan dan tanggapan tim kampanye nasional masing-masing pasangan calon. Selama dan setelah debat antar pasangan calon, moderator dilarang memberikan komentar, penilaian, dan kesimpulan apa pun terhadap pemaparan dan isi masing-masing pasangan calon.

Di Indonesia, pada pemilu tahun 2009 diadakan debat calon presiden dan wakil presiden untuk pertama kalinya, debat yang dimoderatori oleh para akademisi dan profesional, debat calon presiden sebanyak 3 (tiga) kali, dan debat calon wakil presiden sebanyak 2 (dua) kali. . Disiarkan langsung di beberapa stasiun TV seperti SCTV, Metro TV, TVone, RCTI dan Trans TV. Materi pembahasannya antara lain mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih, menegakkan supremasi hukum, mengentaskan kemiskinan dan pengangguran, serta demokrasi dan kedaulatan daerah. Alokasi waktu diskusi 2 x 60 menit dengan materi diskusi 90 menit. Mengadakan debat calon presiden dan wakil presiden di Austria

Di Austria, belum ada undang-undang atau peraturan yang secara khusus mengatur mekanisme penyelenggaraan debat capres dan cawapres. Dalam penyelenggaraan pemilu, debat calon didasarkan pada kesepakatan antara televisi (televisi nasional), calon (tim kampanye), dan partai politik.

Pada pemilu presiden tahun 2016, terdapat dua (2) calon yang ikut serta dalam pemilu tersebut, yaitu Alexander van der Bellen yang mencalonkan diri sebagai calon independen dan Norbert Hofer yang maju sebagai calon dari partai. Secara historis, pemilihan presiden Austria tahun 2016 menandai tonggak sejarah baru bagi negara tersebut.

Pasalnya, untuk pertama kalinya pemilu presiden Austria tidak diikuti oleh Partai Rakyat Sosial Demokrat dan Partai Rakyat Austria yang mendominasi lanskap politik sejak Perang Dunia II. Selain itu, sejarah baru tercipta dalam pemilu tersebut, yakni terpilihnya Alexander van der Bellen sebagai presiden secara perseorangan.

Debat Capres 2016 yang berlangsung selama 45 menit tanpa moderator memang menarik. Ruangan itu ditata menyerupai dua orang pria sedang bermain catur, salah satunya dilengkapi meja dengan gelas berisi air di atasnya.

Dalam sebuah debat, setiap kandidat bebas menentukan topik yang akan diperdebatkan. Debat yang dipandu oleh stasiun televisi swasta Austria ini menjadi kacau karena kedua kandidat kerap menyerang kehidupan pribadi masing-masing dan mengabaikan visi dan misi yang seharusnya dibicarakan oleh para kandidat dalam debat. Menyelenggarakan debat calon presiden dan wakil presiden di Somaliland

Somaliland adalah sebuah republik dan bagian dari Somalia. Pada tahun 2017, negara ini mengadakan debat presiden pertamanya. Karena debat ini baru pertama kali diselenggarakan, maka belum ada peraturan terkait yang secara khusus mengatur gaya dan cara debat para kandidat.

Debat tersebut tidak diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Nasional Somaliland (KPU Somalia) melainkan oleh Asosiasi Penyiaran Independen Somaliland (SIBA) yang bekerja sama dengan LSM. Debat dimoderatori oleh seorang moderator yang mengikuti model debat Amerika. Debat dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2017 di Mansoor Hall, Hargeisa, Somaliland dan debat berlangsung selama 135 menit dan terfokus pada tiga isu yaitu kebijakan dalam negeri, kebijakan sosial dan ekonomi, dan kebijakan luar negeri, dan masing-masing porsinya akan dibagikan. Enam bagian di sekitarnya. 7,5 menit per mata pelajaran.

Moderator akan membuka setiap segmen dengan sebuah pertanyaan dan panelis akan menambahkan dua pertanyaan lanjutan, setelah itu setiap kandidat akan diberikan waktu dua menit untuk menjawab.

Moderator akan memimpin diskusi selama 45 menit pada setiap topik dan berlangsung mulai pukul 19.00 hingga 22.30. Moderator mempunyai wewenang untuk memperluas segmen dan memastikan bahwa kandidat mendapatkan waktu yang sama untuk berbicara.

Meskipun fokusnya sesuai untuk kandidat, mediator akan menyusun percakapan sehingga gagasan dapat dipertukarkan dengan cara yang baik dan adil. Tiga calon presiden yang mengikuti debat tersebut antara lain Faisal Ali Warabi dari Partai Keadilan dan Sejahtera, Musa Behi Abdi dari Partai Perdamaian, Persatuan dan Pembangunan (Kalmia), dan Abdul Rahman M. Abdullahi Siro dari Partai Nasional Somaliland (Wedani). .Dr. mengadakan debat calon presiden dan wakil presiden di Kenya

Kenya telah menyelenggarakan dua kali debat calon presiden (dua kali) dan satu kali debat calon wakil presiden. Perdebatan dilakukan oleh penyelenggara pemilu. Debat presiden pertama dilakukan oleh seorang moderator. Disusul dengan debat wakil presiden yang dimoderatori oleh seorang moderator.

Debat calon presiden ketiga atau kedua dimoderatori oleh seorang moderator yang memuat pertanyaan-pertanyaan dari penonton debat terpilih. Setiap diskusi akan berlangsung selama 90 menit yang terbagi dalam 6 (enam) sesi.

Setiap calon akan diberikan waktu yang cukup untuk berdebat sesuai ketentuan yang telah diatur sebelumnya. Setiap kandidat akan diberikan waktu 90 detik untuk membuat pernyataan pembuka dan penutup.

Setiap kandidat dapat menggunakan bahasa Inggris atau Kiswahili. Setiap kandidat tidak boleh memberikan jawaban, tanggapan atau pernyataan yang meremehkan atau menghina kandidat lainnya. Kriteria seorang supervisor akan didefinisikan sebagai berikut:

1. Tidak memihak, adil dan obyektif, 2. Pemahaman menyeluruh mengenai lanskap politik Kenya dan isu-isu utama kampanye presiden, 3. 4- Dia harus memiliki pengalaman luas dalam siaran televisi langsung. Moderator dilarang berinteraksi atau berpartisipasi dalam tim kampanye kandidat. Melaksanakan Debat Presiden dan Wakil Presiden di Liberia Komisi Pemilihan Umum Nasional (NEC) Liberia mempunyai wewenang untuk menjadwalkan debat kandidat selama kampanye pemilu. Implementasinya tergantung pada masing-masing kandidat.

Seperti halnya pelaksanaan debat capres tahun 2017, NEC hanya menetapkan jangka waktu yang wajar dalam pelaksanaannya, yaitu antara tanggal 15 Agustus hingga 30 September 2017. Debat capres Liberia dilakukan atas persetujuan kandidat, tim kampanye, partai politik. LSM dan lembaga penyiaran.

Pada tanggal 17 Agustus 2017 juga, diadakan debat calon presiden bekerja sama dengan Deepening Democracy Coalition (DDC), Press Union of Liberia (PUL), Liberia Media Center (LMC) dan Center for Transparency and Accountability. Liberia (Penjaga). ), Pusat Studi Media dan Pembangunan Perdamaian (CEMESP), Komite Aksi Media Perempuan Liberia (LIWOMAC), serta Inisiatif Masyarakat Terbuka untuk Afrika Barat (OSIWA).

Debat tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden yang masih menjabat, Joseph Bukai dari Partai Persatuan (UP). Charles Bromskin dari Partai Liberty (LP); Senator George Weah dari Koalisi untuk Perubahan Demokratis (CDC); Deklarasi Kebajikan Seluruh Partai Liberia (ALP); J. Mills-Jones dari Gerakan Pemberdayaan Ekonomi (MOVEE); dan Alexander B. Cummings dari Kongres Nasional Alternatif (ANC) f. Mengadakan debat calon presiden dan wakil presiden di Malawi

Malawi mengadakan debat presiden dan wakil presiden pertamanya pada tahun 2014. Untuk menyelenggarakan debat, Komisi Pemilihan Umum Malawi/MEC (varian dari KPU di Malawi) membentuk Satuan Tugas Debat Presiden yang beranggotakan 11 orang, yang mencakup unsur akademisi. , komunitas dan orang – orang dunia penyiaran.

Satgas Debat Capres kemudian diberi kewenangan penuh untuk melakukan debat capres dan cawapres secara independen. Debat capres dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali, sedangkan debat cawapres dilaksanakan sebanyak 1 (satu) kali.

Model debatnya mengikuti model debat Amerika yang dipimpin oleh seorang moderator. Semua calon presiden berpartisipasi dalam debat presiden pertama:

1.d Lazarus McCarthy Chakwera dari Partai Kongres Malawi (MCP), 2. Tuan Kamuzo Walter Chibambo dari Partai Transformasi Rakyat (PETRA), 3. Profesor John Chasey dari Partai Amuzi, 4. Tuan Friday Anderson Gombe dari Partai Buruh Baru (NLP), 5. Tuan Aaron Davies Chester Katsonga dari Chibani Cha Pfuku (PKC),6. Bapak Mark Katsonga Gerakan Progresif Rakyat (PPM) Pertama,7. Front Persatuan Demokratik (UDF) Tuan Atobel Malozi, 8. Profesor Peter Arthur Mutharika, 9, dari Partai Progresif Demokrat (DPP). Tuan James Mbo Nyundo dari Front Keselamatan Nasional (NASAF), 10. Tuan George, 11 tahun dari Forum Malawi untuk Persatuan dan Pembangunan (MAFUNDE). Abusa Helen Singh dari Partai Persatuan Kemerdekaan (UIP). Menyelenggarakan debat calon presiden dan wakil presiden di Ghana

Di Ghana, debat calon presiden dan wakil presiden terjadi selama kampanye pemilu, dan Komisi Pemilihan Umum hanya menyetujui perdebatan tersebut. Tata cara pelaksanaannya diserahkan kepada moderator diskusi.

Secara historis, LSM sering berkolaborasi dengan lembaga penyiaran lokal untuk berkomunikasi. Karena tidak bersifat wajib, seringkali semua kandidat tidak ikut serta dalam debat, seperti yang terjadi pada tahun 2012 ketika calon presiden dari partai oposisi, Nana Akufo-Addo, menolak ikut serta dalam debat para kandidat sehingga memperbolehkannya diadakan secara tatap muka. wajah. -Menghadapi. Temui konstituen Anda.

Debat calon presiden dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali, sedangkan debat calon wakil presiden dilaksanakan sebanyak 1 (satu) kali. Diskusi ini dimoderatori secara bergantian oleh para akademisi dan jurnalis senior.

Narasumber yang hadir dalam diskusi adalah para jurnalis dan profesional. Seiring berjalannya waktu, pelaksanaan debat di Ghana menjadi kurang efektif karena tidak adanya kewajiban untuk berpartisipasi dalam debat, dan terkadang hanya 2 (dua) kandidat yang berpartisipasi dalam debat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *