Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Menkeu & Bos BI Siapkan Strategi Tangkis Inflasi dari Efek Global

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah menyusun strategi untuk mengurangi risiko lonjakan inflasi akibat kenaikan harga komoditas, ketidakstabilan geopolitik, dan masih tingginya suku bunga global. .

Komitmen tersebut diungkapkan Sri Mulyani dalam Rapat Komisi Stabilitas Sistem Keuangan (FSSC) tahun 2024 yang digelar Jumat (5 Maret 2024). Pada presentasi hasil kuartal pertama.

“Ke depan, pemerintah dan BI akan terus menjaga inflasi CPI sesuai sasaran inflasi, namun target tersebut diperkirakan akan tetap terjaga karena ekspektasi yang meleset, dan kapasitas perekonomian tetap kuat serta kemampuan merespon “Karena permintaan dalam negeri,” kata Sri Mulyani.

KSSK mengatakan inflasi impor juga tetap terkendali karena kebijakan BI yang bertujuan menjaga stabilitas rupee dan dampak positif digitalisasi.

Meski demikian, KSSK berkomitmen untuk meningkatkan pasokan pangan dan stabilitas harga di tengah gerakan nasional melawan inflasi di berbagai daerah melalui kombinasi kebijakan fiskal dan moneter serta mengurangi risiko inflasi impor, produk energi dan pangan di pasar dunia kebijakan.

“Forum TPIP dan TPID akan memperkuat sinergi dan kolaborasi sehingga inflasi 2,5% plus minus 1% akan terkendali pada tahun 2024 dan terjaga pada tahun 2025,” kata Sri Mulyani.

Simak video di bawah ini: Video: Selain Kenaikan Suku Bunga, BI Punya 5 Cara Perkuat Rupee (haa/haa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *