Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Menko Airlangga Yakinkan Investor: RI Aman & Baik-baik Saja

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koordinator Perekonomian Airlanga Hartarto mengatakan situasi di Indonesia aman. Dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya kecuali Thailand.

“Kita relatif baik dengan semua indikator berada di zona hijau atau zona aman,” ujarnya dalam konferensi pers APBN, Jakarta, Senin (24/6/2024) di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak.

“Jadi negara seperti Indonesia mempunyai inflasi yang relatif baik dibandingkan negara ASEAN lainnya kecuali Thailand yang ratingnya bagus,” jelas Airlanga.

Indikator ini berisi posisi transaksi saat ini. Menurut Airlanga, defisit tersebut masih kecil dibandingkan negara lain.

Menurut data BI, defisit transaksi berjalan telah mencapai 5,6 miliar USD pada Mei 2024. Sementara itu, aliran masuk modal asing dalam bentuk portofolio mencatat net inflow sebesar USD 4,0 miliar pada triwulan II tahun 2024 (sampai dengan 14 Juni 2024) di tengah meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global.

“Total utang kita relatif baik dibandingkan banyak negara lain, bahkan neraca fiskal India, China dan negara lain, serta Jepang dan negara lain lebih tinggi dari kita,” jelasnya.

Pertumbuhan ekonomi juga berada pada level tinggi, di atas 5 persen. Inflasi di bawah 3 persen. Simak video di bawah ini: Video: IHSG Naik Tapi Rupee Melemah, Uang Market Maker Pergi Kemana? (mi/mi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *