Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Microsoft Investasi Rp 27,6 T di Indonesia, Mau Bangun Apa?

Jakarta, CNBC Indonesia – CEO Microsoft Satya Nadella berkomitmen melakukan investasi jumbo di Indonesia. Hal itu diungkapkannya saat berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (30/04/2024).

Nilai investasi Microsoft di RI mencapai $1,7 miliar atau sekitar 27,6 triliun rupiah. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan komitmen investasi Apple sebesar Rp1,6 triliun di Indonesia yang diumumkan dua pekan lalu.

Lantas apa yang akan dibangun Microsoft di Indonesia? Salah satu bidang yang menjadi fokus adalah membangun infrastruktur cloud dan talenta digital di sektor kecerdasan buatan (AI).

Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan, Jokowi juga meminta Microsoft mengembangkan riset di Indonesia.

“Tadi saya sudah bicara dengan Presiden tentang pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan pusat penelitian bersama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia. Khususnya pembentukan talenta digital di bidang AI,” ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi yang turut hadir dalam pertemuan Nadella dan Jokowi mengatakan pemerintah telah menawarkan beberapa tempat untuk pusat penelitian.

“Beberapa tempat kami tawarkan, Bali, IKN, termasuk membantu pemerintah mengembangkan smart city di IKN,” ujarnya.

Pemanfaatan AI di Indonesia dimungkinkan untuk berbagai sektor. Salah satu yang disebutkan adalah bidang pertanian yaitu pertanian dan perikanan.

“Pusat riset itu penting. Oleh karena itu, transformasi digital yang terpenting. Itu kuncinya sumber daya manusia, pembangunan tidak hanya fisik,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie.

Lebih lanjut, Microsoft disebut berkomitmen untuk mencetak 840.000 talenta digital khusus AI di Indonesia selama 4 tahun ke depan. Artinya, akan ada 210.000 talenta digital AI setiap tahunnya.

“Tidak, kalau ada anak muda yang punya kemampuan AI, setidaknya Indonesia punya sumber daya manusia tidak hanya untuk menjadi konsumen, tapi juga bisa masuk ke ekosistem global,” ujarnya. Simak video di bawah ini: Video: Menkominfo jamin IDTH dilengkapi fasilitas canggih kelas dunia (fab/fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *