Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Musim Kemarau Mundur, BMKG Sebut Wilayah RI Ini Mulai Panas Bulan Mei

Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan prakiraan musim panas. Beberapa wilayah di Indonesia dilaporkan memasuki musim panas mulai bulan ini.

Dibandingkan dengan rata-rata klimatologi (periode 1991-2020), permulaan musim panas di Indonesia tahun 2024 diperkirakan akan tertunda sebesar 282 ZOM (40%), sama dengan 175 ZOM (25%), dan maju pada tahun 2024. 105 ZOM (15%), ”kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam siaran persnya, dikutip Kamis (2/5/2024).

Awal musim panas pada bulan ini akan terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Misalnya pada 11 ZOM di Pulau Sumatera pada awal musim panas di level I-III.

“Prakiraan musim kemarau tahun 2024 sebesar 699 ZOM (zona musiman) di Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah diperkirakan akan mengalami awal musim kemarau tahun 2024 antara bulan Mei hingga Agustus 2024 yaitu sebesar 445 ZOM [63,66%],” ungkapnya. BMKG dalam laporannya yang dikutip Kamis (2/5/2024).

Sedangkan ZOM di Pulau Jawa berjumlah 102 buah. Hal ini terjadi pada pondasi I-III.

Terdapat 10 ZOM di Bali dan Nusa Tenggara dengan basis I-III. Sulawesi memiliki 2 ZOM (dasarian II-III) dan Maluku dan Papua memiliki 8 ZOM (dasarian I-III).

Sementara itu, banyak daerah yang mengalami awal musim panas sudah tidak normal lagi. Hal ini terjadi pada 284 ZOM atau 40,63%.

Namun, ada juga 174 ZOM (25%) yang memulai musim panas normal seperti biasanya. Selain itu, 104 ZOM diperkirakan akan mengalami awal musim panas.

BMKG juga memperkirakan musim panas tahun ini akan normal (ZOM 359) dan di atas normal (ZOM 279). Sementara itu, 61 ZOM dikatakan mengalami musim panas di bawah normal.

Terjadi di sebagian kecil Aceh, sebagian kecil Sumatera Utara, sebagian kecil Riau, sebagian Kepulauan Bangka Belitung, sebagian Jawa Timur, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian . di Sulawesi Selatan, sebagian di Sulawesi Tenggara, sebagian di Sulawesi Tengah, sebagian di NTT, sebagian di Maluku Utara, sebagian di Papua Barat, sebagian di Papua Tengah, dan sebagian di Papua Selatan.

Sedangkan wilayah yang diperkirakan akan mengalami musim panas di atas normal adalah sebagian kecil pesisir selatan Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Jawa, Bali, NTB, NTT, sebagian Kalimantan Barat, dan sebagian Kalimantan Tengah. , sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Timur, sebagian kecil Kalimantan Utara, sebagian Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara bagian selatan, Sulawesi Barat, Gorontalo bagian utara dan Sulawesi Utara, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan sebagian besar wilayah Selatan Papua. Tonton video di bawah ini: Bos raksasa teknologi itu berkunjung ke RI, apakah aliran digital digital lebih maju? (dem/dem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *