Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Nah! Ini 3 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Pulau Samosir

Jakarta, CNBC Indonesia – Pulau Samosir di Sumatera Utara semakin populer, apalagi setelah digelarnya lomba perahu motor F1 di Danau Toba pada Maret 2024. Pulau yang berada di tengah Danau Toba ini menawarkan banyak panorama dan kesempatan berfoto yang indah.

Jika memulai perjalanan di kota Medan, hanya dibutuhkan waktu 4 jam untuk mencapai kota Parapat di tepi Danau Toba. Dari kota perbukitan yang indah ini, lanjutkan perjalanan Anda dengan perahu menuju Pulau Samosir. Perjalanan memakan waktu 45 menit.

Pulau Samosir tentunya mempunyai banyak tempat wisata yang patut untuk Anda kunjungi. Pekan lalu CNBC Indonesia berkesempatan mengunjungi tiga di antaranya: Bukit Holbun, Bukit Sibale Bale, dan Futa Siaragan.

Berikut istilah tiga spot wisata yang bisa dijadikan referensi perjalanan Anda.

Bukit Holbun

Bukit Holbun telah diresmikan sebagai salah satu lokasi syuting film blockbuster tahun 2022 Ngeringeri Sedap. Lokasi wisata ini terletak di Desa Holbuni, Provinsi Samosir. Untuk mencapai tempat ini harus menempuh perjalanan darat yang sangat sulit karena jalanan berkelok-kelok khas pegunungan.

Tapi jangan khawatir. Lezatnya rasa kagum yang Anda rasakan selama perjalanan dibalas dengan pemandangan yang luar biasa. Selama perjalanan, Anda akan menikmati panorama Danau Toba dan perbukitan hijau yang indah.

Ada dua atraksi yang ada di destinasi wisata ini. Pertama-tama, keindahan Danau Toba bisa dilihat dari ketinggian. Selain itu, bukit ini memiliki perbukitan hijau yang mirip dengan perbukitan serial TV anak-anak “Teletubby”.

Maka tak heran jika Bukit Holbun kini menjadi destinasi populer untuk foto pre-wedding. Atraksi inilah yang membawa dua kekasih, Odi Malbun dan Krisna, ke tempat ini untuk foto prewedding.

“Kalau berfoto di sini, ada dua pemandangan yang terlihat, pertama bukit dan kedua danau di Pulau Samosir ini,” ujarnya saat ditemui baru-baru ini di Holbun, kata Odi.

Bukit Holbun adalah tujuan pre-wedding yang populer dan juga tempat perkemahan yang indah. Salah satu orang yang berkemah di Bukit Holbun adalah Toria. Ketika saya bertemu dengannya di sana, dia mengatakan kepada saya bahwa lereng ini cocok untuknya sebagai pendaki pemula. “Cari makan di sini gampang, tinggal turun sedikit saja,” ujarnya saat ditemui di camp.

Bukit Chever

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Rio de Janeiro, Brazil untuk melihat patung Yesus raksasa. Di Pulau Samosir terlihat di atas bukit beruang Siberia. Konon patung Yesus di sebuah bukit di Siberia lebih tinggi dibandingkan patung Kristus Penebus di Brazil.

Patung Yesus dalam Beruang Siberia ini dibangun pada tahun 2018 dan rencananya akan resmi dibuka untuk umum pada awal tahun 2023. Tempat ini tidak hanya menjadi tempat wisata religi, namun juga menjadi tempat berfoto dengan latar belakang patung raksasa setinggi sekitar 60 meter. .

Bukit ini juga menawarkan pemandangan Danau Toba yang indah dan taman bunga yang terawat baik. Jika ingin berkunjung pada siang hari, bawalah payung dan tabir surya.

Futa Shiaragan

Bagi wisatawan yang tertarik dengan budaya Batak dan mencari oleh-oleh khas Samosir, Huta Sialagan adalah tempat yang tepat. Futa berarti desa dalam bahasa Batak. Huta Sialagan merupakan monumen budaya masyarakat Batak Toba yang berada di Desa Sialagan Pindaraya, Kecamatan Simanindo, Provinsi Samosir.

Di sini Anda akan menemukan rumah tradisional Batak Toba bernama Rumah Boron. Selain itu, wisatawan juga bisa merasakan suasana perkampungan tradisional dengan bangunan batu yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Salah satu tempat wisata yang paling populer di desa ini adalah Batu Cobaan. Di sana, orang Batak kuno mengadakan pengadilan dan terkadang mengeksekusi orang yang melakukan kejahatan. Gading Jansen Sialagan, keturunan Raja Sialagan ke-17, mengatakan, batu sidang tersebut menjadi bukti bahwa sistem peradilan modern telah dikenal masyarakat Batak sejak zaman dahulu.

“Seiring bertambahnya jumlah penduduk, kriminalitas juga meningkat, sehingga batu persidangan ini berfungsi sebagai ruang sidang,” ujarnya saat CNBC Indonesia berkunjung ke Huta Sialagan baru-baru ini.

Tempat lain yang menarik perhatian di Futa Sialagan adalah keberadaan boneka Seagal Gale. Konon dahulu boneka-boneka ini mempunyai jiwa dan mampu menari sendiri. Namun kini boneka-boneka itu bergerak dengan sesuatu seperti roda gigi. Pengunjung dapat menampilkan tarian tradisional Batak dengan wayang golek tersebut diiringi musik desa dan pemandu.

Jika sudah puas menjelajahi budaya Batak, Anda bisa membeli oleh-oleh khas Samosir di pusat oleh-oleh dekat Huta Sharaghan. Banyak pedagang di pusat oleh-oleh ini yang menerima QRIS dan wesel, sehingga tidak perlu membawa uang tunai.

Simak video di bawah ini: Video: Sekilas Bauran Bisnis Kecantikan RI (haa/haa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *