Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Nasib 5 Tempat Wisata RI Ini Berubah: Horor Bak Kuburan dan Lenyap

JAKARTA, CNBC Indonesia – Indonesia memiliki banyak tempat wisata. Namun, saat ini banyak diantaranya yang terabaikan.

Padahal, jika dilihat secara kasat mata, tempat wisata ini sudah tidak meninggalkan jejak kejayaannya dulu. Ada yang sudah tidak ada lagi, tergantikan bangunan lain, bahkan ada pula yang kini menjadi tempat wisata seram.

Salah satu penyebab tempat wisata tersebut kini terbengkalai, rusak dan tidak dikunjungi atau dikelola wisatawan adalah efek domino dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2020. Bisnis taman hiburan atau bisnis pariwisata rekreasi juga mengalami penurunan.

Berikut ini yang dulunya sangat ramai, namun kini sepi seperti kuburan dan menjadi objek wisata yang menyeramkan: 1. Kota Gajah

Objek wisata Kampung Gajah Wonderland yang terletak di Kabupaten Bandung Barat telah ditutup sejak tahun 2017 karena bangkrut. Daerah itu ditinggalkan.

Alhasil, taman hiburan unik yang sempat hits pada masanya ini kini terlihat kumuh dan angker. Tak ayal, wisatawan pecinta horor memanfaatkannya untuk berburu spot foto di sana.

Kawasan wisata keluarga seluas 60 hektar ini dihiasi patung gajah sebagai ikon pinggir jalan. Tempat ini juga menawarkan wahana dan taman hiburan air. 2. Taman Air Snowbay

Terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, destinasi waterpark ini terpaksa berhenti beroperasi pasca merebaknya pandemi Covid-19 dan TMII resmi diambil alih pemerintah.

Saat masih beroperasi, Snobbe Water Park sangat ramai pengunjung karena fasilitas bermainnya lengkap. Diantaranya, dua wahana terpopuler adalah Hurricane Slide dan Cool Running. 3. Taman Air Fantasi Depok

Dikenal dengan nama Depot Fantasy Waterpark atau Aladdin Waterpark, terpaksa ditutup karena dampak pandemi. Depo di Jawa Barat juga telah ratakan dengan tanah perintis taman hiburan air perkotaan ini karena akan diubah menjadi kompleks perumahan.

Padahal, sebelum ditutup, Aladdin Waterpark yang dibangun pada tahun 2008 ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama anak-anak kecil. Bernuansa Timur Tengah, waterpark besar ini memiliki seluncuran air yang tinggi, air mancur, splash pad dan masih banyak wahana lainnya. 4. Taman Festival Bali

Jika dulu Bali Festival Park ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, kini objek hiburan tersebut lebih populer sebagai spot foto tempat-tempat terbengkalai. Tanaman merambat, semak-semak, dan coretan yang memenuhi tempat itu memberikan nuansa kuno namun eksotis.

Letaknya tak jauh dari Pantai Sanur, Bali, tempat ini diklaim sebagai taman pesta yang populer saat itu. Namun karena krisis, Festival Park harus ditutup pada tahun 1999, meski hanya bertahan dua tahun.

Menariknya, setelah terbengkalai, Bali Festival Park justru menjadi tempat wisata angker karena suasananya yang mencekam. Bahkan, wisatawan yang ingin berwisata horor di sini dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10 ribu. 5. Taman Remaja Surabaya

Surabaya Youth Park menjadi kebanggaan warga Surabaya. Wisatawan bisa menikmati 20 wahana di sana. Kini, taman hiburan yang didirikan pada tahun 1971 ini ditutup karena pemerintah kota setempat sudah bosan dengan dukungan pengelola.

Surabaya Youth Park sudah tidak ada lagi pada tahun 2018. Namun menurut kesaksian warga sekitar, mereka tetap asyik mendengarkan suara keramaian dan alunan musik TRS di malam hari yang terkesan hidup. Simak video berikut ini: Video: Sekilas Perkembangan Bisnis Kecantikan di RI (dce).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *