Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Nasib MRT Jakarta Tembus Tangsel Akhirnya Diputuskan, Begini Hasilnya

Jakarta, CNBC Indonesia – Pembahasan MRT Jakarta yang melewati Tangsel terus berlanjut. Kementerian Perhubungan akhirnya menyampaikan pendapatnya mengenai status MRT yang menghubungkan kawasan Tangsel saat ini.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati memberikan cara pelaksanaan proyek tersebut asalkan syaratnya terpenuhi yakni kemampuan pemerintah setempat.

Ia mengatakan, “Harus ada keterlibatan pemerintah daerah dalam MRT, serta kontribusi DKI dalam hal pembiayaan investasi. Sekarang kita punya kemampuan itu di Tangerang, dalam hal ini Banten atau Tangsel seperti MRT Jakarta, dan “DKI juga terlibat di beberapa daerah,” kata Adita, Rabu lalu. 2024).

Faktanya, pendanaan merupakan faktor kunci dalam menentukan apakah proyek ini akan dilanjutkan. Ia juga mengesampingkan kasus di mana seluruh pendanaan proyek akan dibiayai oleh pemerintah pusat, namun mengatakan bahwa pemerintah dan daerah harus bekerja sama.

“Dana tidak terbatas. Pendanaan juga memerlukan peran serta pemerintah daerah, dan hal ini tidak mungkin dilakukan semua pemerintah,” kata Adita.

Misalnya, pembangunan MRT Jakarta tahap pertama menelan biaya 16 juta. Pada tahap I, MRT akan memiliki 13 stasiun dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Sementara itu, MRT Fase 2 diperkirakan akan mulai dibangun pada tahun 2022 dan selesai pada tahun 2029, dengan perkiraan biaya sebesar 25,3 triliun won. Hal ini memerlukan pendanaan dari sumber selain Institut.

Adita berkata: “MRT mengatakan bahwa hal ini memerlukan kontribusi pemerintah daerah, jadi mari kita lihat apakah kita dapat mengimplementasikan perjanjian ini. Jika tidak, maka akan sulit.”

Jika pemerintah daerah setuju dan serius dengan proyek tersebut, Kementerian Perhubungan bisa melanjutkan proyek tersebut.

“Kalau ada kapasitas dan komitmen pasti kita kejar,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tanser juga angkat bicara mengenai kelanjutan proyek tersebut. apa yang dia katakan

Komisaris Daerah Tangsel Bambang Norchajo mengatakan kepada CNBC Indonesia: “Sejauh ini kami belum mendapatkan rencana yang jelas. Kami masih mengerjakan aspek teknis dan belum ada kemajuan apa pun secara politik.”

Artinya, proyek tersebut masih dalam pembahasan teknis dan belum masuk pembahasan lebih lanjut.

Kementerian Perhubungan Badan Pengelola Lalu Lintas Jabodetabek (BPTJ) melakukan survei jalur MRT Jakarta melalui Tangsel. Perpanjangan akan dimulai dari terminal MRT Jakarta Lebak Burus dan berakhir di Gua Pondok di Tangser.

Di bawah ini adalah rute MRT Jakarta dari Lebak Burus Tembus ke Tangerang Selatan. Stasiun Lebak Burs Umzist Sharif Hidayatullah Siputat Pasar Pustekom Pondok Cabstanun Pamran Baratan Stasiun Babakan Stasiun Babakan Stasiun Puspitext Kota Rawa Bromanguran Lihat gambar di bawah: wur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *