Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

‘Neraka Bolong’ Serang Tetangga-Tetangga RI, PBB Warning-Jakarta Kena?

Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak negara tetangga Indonesia yang kini tengah dilanda “Neraka Berongga”. Hal ini menandakan cuaca panas ekstrem yang sedang terjadi akibat kenaikan suhu bumi.

Setidaknya hal ini terjadi di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Mulai dari India, Bangladesh, lalu Filipina, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam.

Di beberapa tempat di India cuacanya mencapai 44 derajat Celcius. Bahkan pada pemilu saat ini, jutaan orang mengantri untuk memberikan suara mereka meski dalam cuaca panas terik.

“Saya belum pernah mengalami suhu sepanas ini sebelumnya,” kata Anant Nadigar, seorang profesional periklanan berusia 37 tahun, dikutip AFP, Selasa (30/4/2024).

“Sangat tidak menyenangkan dan menguras tenaga,” ujarnya.

Sekolah-sekolah di Bangladesh ditutup karena suhu ekstrem. Badan cuaca setempat mengatakan gelombang panas akan berlanjut setidaknya selama tiga hari ke depan.

Lucky Begum berkata, “Panas sekali.”

“Dia sudah mengalami ruam panas karena berkeringat,” katanya mengacu pada putranya.

Di Filipina, penghentian sementara kelas tatap muka selama dua hari juga diterapkan di semua sekolah negeri, menyusul suhu panas yang memecahkan rekor di ibu kota Manila. Di Thailand, dimana cuaca panas menyebabkan 30 kematian tahun lalu, badan cuaca memperingatkan adanya “kondisi buruk” setelah suhu di provinsi utara melebihi 44,1 derajat Celsius.

Sementara itu, Kementerian Air dan Meteorologi di Kamboja telah memperingatkan bahwa suhu bisa mencapai 43 derajat Celcius di beberapa wilayah negara itu pada minggu depan. Sementara itu, Kementerian Kesehatan menyarankan masyarakat untuk memantau kesehatan mereka “selama cuaca panas terkait perubahan iklim”.

Di Myanmar, negara yang masih dilanda perang saudara setelah kudeta junta militer, suhu pada bulan April berada di atas rata-rata 3-4 derajat Celsius. Kemarin, para peramal cuaca nasional memperkirakan suhu di pusat kota Mandalay bisa mencapai 43 derajat Celsius.

Suhu diperkirakan akan tetap sangat tinggi di Vietnam selama beberapa hari ke depan, dengan suhu diperkirakan mencapai 41 derajat Celcius di wilayah utara. Peramal cuaca di sana mengatakan cuaca akan sangat panas hingga akhir April dan dingin di bulan Mei

Sebenarnya peringatan sudah datang dari PBB. Ini berkaitan dengan dampak pemanasan global dan perubahan iklim yang mempengaruhi kawasan Asia.

Hal itu terungkap dalam laporan Climate State of Asia 2023 yang dikeluarkan Badan Meteorologi Dunia (WMO) PBB pada Rabu. Laporan tersebut menganalisis skenario bencana pada tahun 2023, dan menunjukkan bahwa percepatan indikator-indikator utama perubahan iklim seperti suhu permukaan, pencairan gletser, dan kenaikan permukaan laut akan berdampak besar pada masyarakat, perekonomian, dan ekosistem di wilayah tersebut.

Asia masih dikatakan sebagai wilayah yang paling terkena dampak permasalahan alam di dunia akibat cuaca dan iklim. Benua ini mengalami pemanasan yang lebih cepat dibandingkan rata-rata global, dan trennya meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan periode 1961–1990.

“Temuan dalam laporan ini sangat serius bagi kami,” kata Sekretaris Jenderal WMO Celeste Saulo dalam pernyataannya kepada wartawan.

“Banyak negara di kawasan ini mengalami rekor tahun terpanas pada tahun 2023, dengan kondisi ekstrem mulai dari kekeringan dan gelombang panas hingga banjir dan badai,” ujarnya.

Ia kembali menegaskan, “Perubahan iklim adalah frekuensi dan intensitas kejadian-kejadian ini, yang berdampak besar terhadap masyarakat, perekonomian, dan yang terpenting terhadap kehidupan manusia dan lingkungan tempat kita tinggal.”

Bagaimana kabar RI?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga memantau cuaca ekstrem di negara tetangga, Indonesia. Namun, dalam keterangannya Sabtu pekan lalu, BMKG menegaskan hal tersebut tidak terjadi di Indonesia.

Selain kemungkinan hujan, berbagai negara Asia dan Asia Tenggara juga mengalami gelombang panas pada awal pekan ini, seperti Thailand yang dekat dengan Indonesia dan suhu maksimum mencapai 52 derajat Celcius, kata badan tersebut.

Di Indonesia sendiri, beberapa daerah mencatat suhu udara maksimum di atas 36,5 °C, yaitu di Medan, Sumatera Utara, suhu maksimum mencapai 37,0 °C pada 21 April, dan di Saumlaki, Maluku, suhu maksimum mencapai 37,8 °C. Mencapai 36,8 °C. derajat Celsius. Dan pada 23 April, suhu di Palu, Sulawesi Tengah, mencapai 36,8 derajat Celsius,” ujarnya.

Awal pekan ini, BMKG sendiri mengidentifikasi potensi peningkatan curah hujan yang signifikan di Indonesia. Seperti sebagian besar Sumatera, Jawa Barat dan Tengah, sebagian Kalimantan dan Sulawesi, Maluku, dan sebagian besar Papua.

Curah hujan dalam jumlah besar kemungkinan besar disebabkan oleh Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang khatulistiwa Kelvin dan Rossby, serta kondisi suhu permukaan laut yang hangat di perairan sekitar Indonesia, kata Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan peningkatan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, pungkas mereka.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Publik Andrey Ramadhani mengatakan, April merupakan periode perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan prakiraan dini terhadap kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem, seperti hujan lebat dalam waktu singkat yang dapat disertai petir dan angin kencang, angin puting beliung, dan hujan es. .

Ciri-ciri masa peralihan musim adalah pola curah hujan yang biasanya terjadi pada sore hingga sore hari, diikuti dengan cuaca panas pada pagi hingga sore hari, ujarnya.

Hal ini terjadi karena radiasi matahari yang diterima pada pagi hingga sore hari sangat besar sehingga memicu proses konveksi (pengangkatan massa udara) dari permukaan bumi ke atmosfer sehingga menyebabkan terbentuknya awan, ujarnya.

Tonton video di bawah ini: Video: Akibat Panas Ekstrim, Negara-Negara Asia Tenggara Putuskan Tutup Sekolah (SEF/SEF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *