Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Ngandelin Tapera Aja Buat Dana Pensiun, Bakal Cukup Gak?

Jakarta, CNBC Indonesia – Kabar tentang tabungan perumahan rakyat bagian 3% (Tapera) masih viral di media dan media sosial. Dan tentunya dana yang terkumpul dari gaji tersebut dapat disalurkan ketika status kepesertaan karyawan tersebut berakhir.

Seperti diketahui, pemerintah mewajibkan seluruh pengusaha untuk mendaftarkan pekerjanya pada program TEPERA sebelum tahun 2027. Setelah terdaftar, pemerintah akan memotong 3% gaji pekerja setiap bulan untuk masuk ke Tepera.

Berdasarkan pasal 23 PP Tepera, ada empat alasan yang menyebabkan keanggotaan Tepera diberhentikan sementara, yaitu:

– Karyawan tersebut telah pensiun;

– Bagi pekerja mandiri yang telah mencapai usia 58 (lima puluh delapan) tahun;

– peserta meninggal dunia;

– Peserta tidak memenuhi kriteria sebagai peserta selama 5 (lima) tahun berturut-turut

Agaknya, dana tersebut bisa disalurkan saat Anda pensiun. Apakah jumlah tersebut cukup untuk membiayai hidup Anda di masa depan? Belum tentu, berikut yang perlu Anda ketahui tentang dana pensiun. Kecukupan dana pensiun seiring bertambahnya usia tergantung pada gaya hidup Anda

Jika pemotongan gaji sesuai dengan TEPRA dimajemukkan selama 30 tahun tanpa bunga. Jadi inilah jumlah yang akan Anda dapatkan untuk tabungan pensiun Anda.

Terkait dana pensiun, besaran ideal dana tersebut akan bergantung pada pengeluaran Anda di masa depan jika dihitung menggunakan tingkat inflasi tahunan.

Jumlah pengeluaran Anda saat ini jelas akan sangat berbeda ketika Anda memasuki masa pensiun. Dan jumlah itu mungkin akan bertambah banyak.

Ini adalah hasil perhitungan jumlah pengeluaran Anda selama 25 tahun ke depan, dengan asumsi inflasi tahunan sebesar 5%.

Oleh karena itu, jika ditanya apakah dana Tapera cukup atau tidak, jawabannya tentu tergantung pada gaya hidup orang yang bersangkutan di masa depan. Namun, ada baiknya Anda tetap berinvestasi secara mandiri agar memiliki dana pensiun yang memadai.

Simak videonya di bawah ini: Video: Gen Z Wajib Tahu! Inilah pentingnya dana pensiun hari tua (aak/aak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *