Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Ngerasa Miskin Mendadak Usai Long Weekend? Lakukan Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebagian dari Anda pasti memanfaatkan libur panjang Mei 2024 untuk berwisata bersama keluarga atau aktivitas lainnya. Namun pertanyaannya apakah keuangan Anda masih sehat?

Jika Anda merasa pengeluaran Anda semakin bertambah akibat aktivitas libur panjang ini, apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Bisakah Anda memotong biaya untuk menghemat uang? Lunasi semua hutang yang ada, atau yang lain?

Agar lebih terstruktur, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin uang Anda kembali. Periksa hutang Anda

Salah satu hal yang sering menjadi beban keuangan adalah utang. Jika Anda memiliki hutang yang teratur dan teratur, sangat penting untuk tidak menambah hutang di bulan berikutnya.

Fokus Anda hingga akhir tahun pasti melunasi utang. Anda dapat membayar penuh, sebagian, atau seluruhnya setelah menerima gaji bulan April Anda

Seperti melunasi secara bertahap, namun tanpa menambah utang baru.

Meningkatkan pendapatan

Meningkatkan penghasilan Anda pasti akan menyelesaikan semua masalah keuangan Anda. Anda dapat menggunakan peningkatan pendapatan untuk melunasi hutang.

Alternatifnya, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah ketersediaan dana darurat yang digunakan karena kebutuhan Ramadhan atau Idul Fitri.

Jika Anda lebih suka menggunakan penghasilan tambahan Anda untuk tujuan konsumsi atau kepuasan diri sendiri, itu tidak akan membantu Anda mengatasi masalah keuangan ini. Menilai pendapatan dan pengeluaran

Jangan memotong biaya karena Anda ingin menghemat uang. Jika yang Anda potong hanyalah pengeluaran yang diperlukan, berhemat dapat menurunkan kualitas.

Potong dulu atau hilangkan biaya hidup atau keputusan selama satu bulan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memiliki surplus arus kas bersih yang besar yang dapat Anda gunakan untuk menabung, berinvestasi atau bahkan membeli polis asuransi yang Anda butuhkan. Periksa kesehatan keuangan Anda secara teratur

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa kesehatan keuangan Anda di akhir bulan. Periksa tingkat hutang, tabungan dan lain-lain.

Jika Anda kesulitan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan bersertifikat.

Simak videonya di bawah ini: Video: Nasib Gen Z Saat Ini, Susahnya Kerja – Terjebak Pinjaman (aak/aak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *