Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Ogah KPR karena BI Rate Naik, Ini 4 Keuntungan Sewa Rumah!

JAKARTA, CNBC Indonesia – Anda mungkin berpikir suatu saat Anda harus membeli rumah untuk memenuhi kebutuhan dasar perumahan. Namun karena suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) semakin meningkat dan bunga KPR juga semakin meningkat, maka menyewa rumah tentu bukan hal yang salah untuk dilakukan.

Ternyata, menyewa rumah lebih cerdas bagi mereka yang “tidak harus memprioritaskan pembelian rumah”. Apa artinya?

Misalkan Anda mempunyai harta benda berupa rumah atas nama orang tua Anda sejak Anda lahir. Jadi secara tidak langsung ketika mereka meninggal, Anda mewarisi rumah tersebut sebagai ahli waris.

Berbeda halnya dengan orang yang terlahir dalam keluarga yang tidak memiliki rumah. Kemungkinan besar, membeli rumah menjadi prioritas untuk memenuhi kebutuhan pokok Anda dan juga anak cucu Anda di masa depan.

Bagi Anda yang menganggap membeli rumah bukanlah cara menjadi kaya, berikut empat manfaat menyewa rumah yang dapat meningkatkan tabungan.

Apakah Anda membeli rumah dengan hipotek atau tidak, kemungkinan besar hal itu akan menguras tabungan Anda dan meningkatkan pengeluaran Anda. Maka tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa Anda memerlukan komitmen jangka panjang saat membeli rumah.

Tak hanya cicilan, juga akan menjadi biaya pembelian furnitur rumah yang akan Anda tempati. Hal ini kemungkinan besar akan mengganggu arus kas keuangan keluarga setiap bulannya dan justru dapat menyulitkan Anda untuk menabung atau berinvestasi.

Dengan sedikitnya kemampuan untuk menabung atau berinvestasi, mencapai tujuan finansial akan menjadi semakin sulit.

Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan meningkatkan pendapatan. Namun langkah apa yang akan Anda ambil untuk meningkatkan penghasilan Anda? Kemungkinan bertaruh pada kayu sangat tinggi

Sekalipun Anda telah merencanakan dengan cermat setiap pengeluaran Anda, rencana tersebut mungkin saja gagal karena alasan tertentu. Jika Anda mempunyai pengeluaran mendesak yang perlu dibayar, sebutkan saja.

Kita tidak bisa memprediksi kapan bencana akan terjadi. Dan ketika itu terjadi, Anda mungkin mengalami lebih banyak risiko dari kutub yang dapat menyebabkan arus kas bulanan negatif.

Dampak arus kas negatif adalah mengurangi dana darurat atau tabungan Anda secara keseluruhan.

Ketika tabungan Anda habis dan dana darurat habis, Anda mungkin harus berhutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pertama, Anda perlu mengetahui berapa biaya pemeliharaan rumah

Perawatan dan renovasi rutin adalah sesuatu yang harus dilakukan pemilik rumah untuk tempat tinggal yang mereka beli. Kerusakan ringan seringkali terjadi pada saat sebuah rumah sedang ditempati dan jika tidak diperbaiki maka kerusakan dapat menjalar ke bagian rumah yang lain.

Ketahuilah juga bahwa renovasi apa pun yang Anda lakukan akan membutuhkan biaya. Apakah kamu siap untuk ini?

Pembeli rumah sebenarnya harus menyiapkan dana darurat tambahan untuk urusan rumah. Hutang hipotek dapat menjadi beban bagi ahli waris

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk rumah idaman, ketahuilah bahwa ini adalah keputusan yang membutuhkan komitmen jangka panjang.

Jika Anda mencicil rumah Anda, apa pun bisa terjadi, termasuk kematian di masa subur. Jika ini terjadi, Anda memberikan pinjaman Anda kepada pasangan atau anak Anda, jika Anda memilikinya.

Solusinya adalah dengan membeli asuransi jiwa kredit saat mengajukan KPR. Namun hal ini akan berdampak pada peningkatan angsuran bulanan.

Tonton video di bawah ini: Video: Mana yang Lebih Menguntungkan, Rumah Kontrak vs Cicilan? (oke/oke)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *