Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

Pabrik Semen Sedang Tak Baik-Baik Saja, Stok Membatu di Gudang

Jakarta, CNBC Indonesia – Industri semen menghadapi situasi yang berat akibat rendahnya permintaan selama beberapa tahun. Tambahan pasokan ini bisa mencapai 55 juta ton per tahun.

Hal ini masih terjadi di awal tahun 2024, khususnya pada triwulan I tahun 2024. Padahal, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian memperkirakan permintaan akan mulai membaik pada awal tahun ini.

Asosiasi Semen Indonesia (ASI) memperkirakan permintaan semen akan meningkat sebesar 3% pada tahun 2024 dibandingkan Januari-Desember 2023, kata Putu Nadi Astuti, Direktur Industri Kimia Unggulan Kementerian Perindustrian. , CNBC Indonesia, Kamis (16/5/2024).

Sayangnya, ketika industri semen diperkirakan akan tumbuh, yang terjadi malah sebaliknya, yakni muncul beberapa kebijakan yang menekan permintaan semen. Pemerintah juga mengakui produk semen dalam jumlah besar disimpan di gudang.

Namun pesanan akan menurun pada Q1 2024 karena adanya libur panjang Idul Fitri, kebijakan Idul Fitri yang melarang kendaraan berat beroperasi dan masuk ke pedesaan serta masa pemilu. Hal ini menyebabkan penumpukan semen di gudang semen atau pabrik semen. gudang,” ujarnya. Rasa sakit

Di sisi lain, kapasitas produksi industri semen lebih besar dari permintaan yang ada, rasionya hampir dua kali lipat.

Kapasitas produksi industri semen nasional lebih besar dari kebutuhan semen dalam negeri. Kapasitas industri semen nasional 120 juta ton per tahun, kebutuhan semen hanya 67 juta ton pada tahun 2023, maka industri semen beroperasi pada tingkat pemanfaatan rata-rata hanya 58%.” katanya.

Penumpukan semen di gudang produksi mempengaruhi kondisi semen. Seorang pejabat senior sebuah pabrik semen mengakui bahwa akibat penyimpanan yang terlalu lama di gudang, semen tersebut menjadi berminyak. Simak video berikut ini: Semen Terlalu Potensial, Industri Minta Dihentikan Pembangunan Pabrik Baru (hoi/hoi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *