Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Pak Prabowo, Ada Pesan dari Jepang soal Program Makan Siang Gratis

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Jepang telah memberikan pesan kepada Presiden terpilih Republik Indonesia, Prabowo Subianto, tentang program makan siang gratis untuk anak sekolah. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi mengatakan negaranya akan siap membantu Indonesia untuk mensukseskan kebijakan tersebut.

Masaki mengatakan kepada wartawan bahwa Jepang akan membantu berbagi pengalaman dengan pemerintahan Prabowo mengenai penerapan makanan sekolah gratis. Menurutnya, Jepang memiliki pengalaman 100 tahun dalam menerapkan hal tersebut.

Pengalaman itu kita alami bahkan ketika Jepang memasuki masa pasca Perang Dunia II. Kemudian pemerintah kita terpikir untuk memberikan makanan gratis kepada anak-anak sekolah karena mereka sebenarnya berniat datang dan belajar, jelasnya saat ditemui, Jumat (21 Juni 2024). ). ).

Masaki kemudian menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam pemberian makanan sekolah gratis. Hal ini terkait dengan komposisi distribusi pangan.

“Agar hal itu terjadi, kita perlu memahami siapa yang akan menyediakan makanan tersebut, serta apa saja yang harus dimasukkan dalam menu makanan tersebut,” tegasnya.

Selain menjelaskan pengalaman Jepang, Masaki juga mengatakan bahwa pemerintahnya bersedia membantu Indonesia dan Prabowo dalam memberikan edukasi tentang makanan bergizi apa saja yang boleh dikonsumsi siswa.

“Anak-anak perlu mengetahui makanan apa saja yang perlu dikonsumsi untuk perkembangan gizinya. Ini kunci pemberian makanan tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Masaki juga menjelaskan bahwa pihak Jepang mengundang pemerintah Indonesia untuk berangkat ke Negeri Sakura guna meninjau pemberian program makan gratis tersebut. Hal ini akan dilakukan pada bulan September mendatang.

“Di sana, para pejabat dapat berbicara dan mempelajari bagaimana Jepang menjalankan program makanan sekolah gratis,” katanya.

Makan siang gratis merupakan salah satu program kampanye Prabowo. Kebijakan yang akan berganti nama menjadi “diet bergizi” ini kemungkinan akan memakan anggaran pemerintah hingga Rp 20 triliun. Tonton video di bawah ini: Makan siang gratis yang diberikan Prabowo tidak akan meningkatkan impor, kata para ekonom! (aman/aman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *