Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Panas! Rusia-China Siap Veto Rencana AS soal Gaza di PBB

Jakarta, CNBC Indonesia – Rusia dan China menyatakan keprihatinannya atas rancangan resolusi AS tentang gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas.

Selain China dan Rusia, salah satu anggota dewan Arab, Aljazair, juga menyatakan keengganannya mendukung teks AS.

Presiden AS Joe Biden pekan lalu meluncurkan rencana gencatan senjata tiga fase di Jalur Gaza, yang ia gambarkan sebagai inisiatif Israel. AS sedang mencari dukungan internasional untuk rencana yang masih dipertimbangkan Hamas.

AS mengirimkan rancangan resolusi satu halaman ke Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 negara pada hari Senin dan versi revisinya pada hari Rabu.

Rancangan yang ada saat ini menyambut baik usulan gencatan senjata tersebut, dan menyebutnya “dapat diterima” oleh Israel, menyerukan Hamas untuk menerimanya juga, dan meminta kedua belah pihak untuk sepenuhnya mematuhi ketentuan-ketentuannya tanpa penundaan atau syarat apa pun.

“Draf tersebut mencakup beberapa hal spesifik dalam proposal – “gencatan senjata penuh dan menyeluruh” di Jalur Gaza sebagai bagian dari fase pertama dan “penghentian permusuhan secara permanen berdasarkan kesepakatan bersama” pada fase kedua.

“Namun, beberapa anggota dewan mempertanyakan apakah Israel benar-benar menerima rencana tersebut dan ingin dewan tersebut menjunjung tuntutannya untuk segera melakukan gencatan senjata pada bulan Maret dan pembebasan semua sandera tanpa syarat,” lapor Reuters, Minggu (9). mengutip diplomat. /6/2024).

Rusia mengusulkan amandemen terhadap naskah AS yang mencakup seruan agar Hamas dan Israel menerima proposal tersebut dan melakukan gencatan senjata segera, tanpa syarat, dan permanen yang dihormati oleh semua pihak.

Moskow juga ingin rancangan tersebut menekankan bahwa fase pertama gencatan senjata akan tetap berlaku sementara negosiasi pada fase kedua terus berlanjut, sejalan dengan komentar yang dibuat oleh Biden pekan lalu.

Sebuah resolusi memerlukan setidaknya sembilan suara setuju dan tidak ada veto dari Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Tiongkok atau Rusia.

Para perunding dari Amerika Serikat, Mesir dan Qatar telah berusaha menjadi perantara gencatan senjata selama berbulan-bulan. Hamas mengatakan mereka ingin mengakhiri perang di Jalur Gaza untuk selamanya dan agar Israel menarik diri dari daerah kantong berpenduduk 2,3 juta orang itu.

 

Tonton video di bawah ini: Video: Rusia, Tiongkok siap memveto resolusi gencatan senjata AS di Gaza (luc/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *