Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Panduan 5 Langkah Literasi Finansial dari Broker Octa

JAKARTA, CNBC Indonesia – Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) menemukan hanya 25% masyarakat di negara OECD yang memahami konsep keuangan dasar seperti perbankan, tabungan, atau kredit. Pada saat yang sama, hanya 14% penduduk Indonesia yang memiliki pengetahuan keuangan yang memadai.

Kesenjangan pengetahuan keuangan seringkali menghalangi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan manfaat dari membaiknya perekonomian. Jadi Anda tidak dapat mencapai gaya hidup yang Anda inginkan.

Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap kesenjangan literasi keuangan di Indonesia. Kurangnya pendidikan formal mengenai hal ini menyebabkan sebagian besar masyarakat tidak mampu membuat anggaran yang tepat.

Berbicara tentang uang juga sering dianggap tabu, sehingga orang sering kali hanya mendapat sedikit nasihat ketika ditanya tentang keuangan pribadi.

Para ahli di Octa, broker berlisensi yang diakui secara internasional, telah menciptakan lima langkah untuk menguasai literasi keuangan untuk membantu Anda memahami konsep dan mengelola keuangan Anda dengan lebih baik.

Memahami dasar-dasar literasi keuangan

Inti dari literasi keuangan sederhana: Anda perlu menganggarkan agar pendapatan Anda melebihi pengeluaran bulanan Anda. Sisanya disarankan untuk ditabung dan diinvestasikan.

Banyak orang menganut rasio 80/10/10, artinya 80% pendapatan digunakan untuk kebutuhan bulanan, 10% disisihkan, dan 10% sisanya diinvestasikan. Hal ini memungkinkan Anda mengalokasikan uang secara tepat dengan menciptakan keamanan finansial dan menginvestasikan sejumlah dana untuk menciptakan aliran pendapatan baru.

Dengan meningkatkan literasi keuangan Anda, Anda dapat meningkatkan kondisi keuangan dan kehidupan Anda. Menurut Otoritas Pengawas Keuangan, literasi keuangan memiliki manfaat yang signifikan karena membantu seseorang mengidentifikasi dan menggunakan produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan individu, berpartisipasi dalam penganggaran yang lebih efisien, menghindari skema investasi dan instrumen keuangan yang meragukan dan ilegal, serta mewujudkan kedua manfaat tersebut. . Risiko produk dan layanan keuangan.

Buat anggaran dan lacak pengeluaran

Penganggaran berarti alokasi anggaran. Anda dapat mengaturnya sebagai rencana dengan mencantumkan pendapatan bulanan, pengeluaran tetap (tagihan, sewa, hipotek, belanjaan) dan pengeluaran variabel (biaya kesehatan, makanan untuk dibawa pulang, transportasi, dll.).

Jika Anda mempraktikkan penganggaran, pastikan untuk memeriksanya secara rutin karena harga bisa naik. Setelah mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda, tinjau pengeluaran Anda untuk menghindari pengeluaran berlebihan dan miliki uang yang dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda.

-Cari tahu berapa banyak uang yang dapat Anda keluarkan untuk kebutuhan sehingga Anda dapat mencapai tujuan keuangan Anda.

– Setelah mengetahui “anggaran hidup” Anda, buatlah rencana pengeluaran. Jangan lupa sertakan biaya hiburan dan acara.

– Pikirkan kembali kebiasaan berbelanja. Anda tidak harus sepenuhnya menghilangkan kebiasaan pengiriman, tetapi jika pengeluaran Anda hanya setengahnya, pertimbangkan untuk menguranginya.

-Tinjau anggaran Anda secara teratur karena pengeluaran dapat bervariasi dari bulan ke bulan, jadi Anda harus menyesuaikannya.

Ubah uang menjadi pendapatan

Meskipun Indonesia terus meningkatkan kualitas hidup, lebih dari sepertiga penduduknya masih menghadapi risiko ekonomi. Mendapatkan penghasilan tambahan melalui cara lain seperti perdagangan valas adalah salah satu cara untuk meningkatkan keamanan finansial.

Inilah alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan trading forex

– Siapa pun dapat memulai perdagangan valas tanpa memandang anggaran, latar belakang keuangan, atau pengalaman. Namun, sebelum memasuki pasar nyata, disarankan untuk mempelajari dan mempraktikkan dasar-dasarnya menggunakan akun demo yang tersedia di Octa.

-Trader bisa mendapatkan keuntungan dengan mengambil posisi long (beli) dan short (jual) ketika nilai mata uang naik atau turun. Misalnya, jika Anda berpikir pound Inggris akan menguat terhadap yen Jepang, Anda dapat membeli pound tersebut dan sebaliknya. Untuk kesuksesan jangka panjang, analisis teknis dan fundamental sangat penting untuk perdagangan dan terus meningkatkan keterampilan perdagangan.

– Pasar valuta asing sangat likuid, dengan lebih dari $7,5 triliun diperdagangkan setiap hari. Sebagai gambaran, jumlah harian ini lebih dari dua kali lipat PDB Inggris pada tahun 2023.

Aktivitas yang tinggi memungkinkan eksekusi perdagangan lebih cepat dan mengurangi risiko terjebak dalam posisi yang tidak menguntungkan.

Mengurangi dan mengelola utang

Layanan beli sekarang bayar nanti, yang memungkinkan pelanggan membagi pembayaran barang menjadi angsuran lebih kecil dengan tingkat bunga berbeda, telah mengisi kesenjangan utang yang besar di Indonesia. Seiring meningkatnya akses internet di Indonesia, opsi pembayaran digital seperti BNPL menjadi semakin populer.

Tanpa mengetahui risiko dan konsekuensi nyatanya, masyarakat bisa dengan cepat kehilangan rasa takutnya terhadap utang.

Saat membayar kembali pinjaman, Anda dapat memilih antara dua cara. Salah satunya adalah dengan menumpuk pinjaman berbunga tinggi terlebih dahulu untuk menabung, baru memulai dengan pinjaman terkecil.

Namun, yang terbaik adalah menghindari situasi ini jika memungkinkan.

Simpan dan rencanakan masa depan

Sebuah studi yang dilakukan oleh HSBC menemukan bahwa meskipun banyak masyarakat usia kerja Indonesia yang memimpikan masa pensiun yang nyaman, hanya sebagian kecil dari mereka yang secara aktif mempersiapkannya. Secara khusus, penelitian ini menemukan bahwa hanya sepertiga dari mereka yang secara rutin menabung di rekening pensiun.

Artinya, banyak orang mungkin harus terus bekerja setelah usia pensiun kecuali mereka mengambil tindakan lebih cepat.

Sekitar 87% responden menyatakan kesediaannya untuk melakukan berbagai aktivitas setelah pensiun, seperti memulai usaha, menyewa kamar kos, kembali bekerja atau menggunakan tabungannya untuk mempertahankan standar hidup.

Meski banyak masyarakat Indonesia yang menabung, namun hanya sebagian kecil yang menabung dalam jumlah besar, yaitu hanya 24% yang menyisihkan 20% atau lebih dari pendapatan bulanannya. Kebanyakan orang memilih menabung dengan menyimpan uang tunai di rumah atau menggunakan deposito bank, dan hanya sebagian kecil yang memilih untuk menginvestasikan tabungannya.

Namun, alih-alih mengumpulkan kekayaan, meningkatkan kekayaan justru memberikan banyak keuntungan. Pertama, Anda memiliki kemampuan untuk memperoleh keuntungan melebihi inflasi dan memastikan bahwa properti dapat mempertahankan daya belinya dari waktu ke waktu.

Kedua, Anda dapat secara bertahap meningkatkan kekayaan Anda dan menjadi aman secara finansial. Namun, jika Anda berinvestasi atau berdagang, tingkatkan risiko Anda dengan mendiversifikasi rencana investasi Anda ke berbagai aset.

Kesenjangan dalam literasi keuangan menyulitkan masyarakat untuk mengambil keputusan yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan leverage yang berlebihan, investasi yang buruk, dan ketidakmampuan untuk mencapai keuntungan yang memadai.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan literasi keuangan dan memastikan masa depan keuangan yang lebih baik bagi generasi berikutnya. Simak video dibawah ini: Video: Tips Investasi Emas Aman dan Penipuan (dpu/dpu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *