Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Parlemen Jadi Motor Penggerak Perubahan Penyediaan Air Bersih

Badung, CNBC Indonesia – Air merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang harus diakses secara adil dan terjangkau. Presiden DPR Bhuan Maharani mengatakan persoalan air harus menjadi agenda politik bersama dalam konteks nasional, regional, dan global.

“Kita harus memastikan semua orang, tanpa kecuali, memiliki akses terhadap air dengan harga terjangkau,” kata Phuan, Senin (20 Mei 2024) di Forum Air Dunia ke-10.

Dia meminta Parlemen menjadi kekuatan pendorong perubahan untuk menyediakan air bersih bagi semua. Puan mengatakan, generasi muda kini menuntut tindakan nyata untuk menyediakan air bersih, bukan sekadar janji.

Oleh karena itu, diplomasi parlemen sangat penting untuk memperkuat diplomasi air. Parlemen harus berperan dalam kebijakan air internasional.

“Dinamika abad ke-21 memerlukan diplomasi yang lebih inklusif, termasuk partisipasi parlemen dalam menyelesaikan permasalahan global, termasuk air,” kata Phuan.

“Merupakan tantangan bagi Parlemen untuk menanggapi kebutuhan generasi muda dan menanggapi kepentingan masyarakat. Bisakah kita membawa komitmen ini ke level selanjutnya,” lanjutnya.

Menurutnya, ia berhasil menciptakan komitmen untuk mendorong alokasi anggaran proporsional untuk air bersih pada Majelis Parlemen ke-10 Forum Air Dunia.

“Kami berhasil mendiskusikan poin-poin penting untuk dijadikan rekomendasi sejalan dengan tema kami yaitu memobilisasi tindakan parlemen mengenai air untuk kesejahteraan bersama,” kata Puan.

Menurut dia, pembentuk undang-undang harus merumuskan langkah-langkah konkrit untuk melindungi sumber daya air agar air menjadi sumber perdamaian dan kesejahteraan bersama.

“Kita harus memutuskan langkah-langkah strategis untuk memastikan air dapat diakses dan terjangkau bagi semua orang. Kita harus mengambil tindakan nyata secara lokal dan internasional untuk mengatasi masalah air bersih,” ujarnya.

Di tingkat lokal, kearifan lokal harus dimanfaatkan untuk melestarikan pengelolaan air. Misalnya di Bali diperkenalkan subak yang menghormati alam.

“Di tingkat nasional, DPR dapat memainkan peran penting dalam menyediakan air bersih bagi masyarakat melalui anggaran legislatif dan fungsi pengawasannya,” tegasnya.

Sementara itu, di tingkat internasional, kerja sama antar negara harus diperkuat, karena air merupakan persoalan lintas batas negara. Menurutnya, negara-negara peserta World Water Forum ke-10 mempunyai kesempatan untuk saling belajar dan bertukar pengalaman.

Kerjasama internasional dapat mempercepat adaptasi ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai solusi untuk menghilangkan defisit. Misalnya, negara-negara berkembang dapat mengadaptasi teknologi penyaringan dan distribusi air.

“Komunitas internasional, termasuk Parlemen, harus membantu mengekang transfer teknologi ini,” tegas Phuan.

Anggota Kantor Komite Pembangunan Berkelanjutan Persatuan Antar Parlemen (IPU), Putu Subatma Rudana, mengatakan ada beberapa isu penting yang disoroti dalam diskusi tersebut. Pertama, penting untuk memastikan bahwa air merupakan agenda utama Parlemen dan mendorong dialog parlementer di tingkat nasional dan internasional.

“Baik komunitas maupun masyarakat lokal penting bagi upaya global kami untuk menjamin air, keadilan dan keamanan, dan untuk memastikan bahwa setiap langkah disesuaikan dan responsif terhadap kebutuhan lokal,” katanya.

Selain itu, pengetahuan tradisional memainkan peran perubahan dalam pengelolaan air berkelanjutan dalam membangun ketahanan masyarakat dan lingkungan.

“Parlemen juga mendukung adaptasi terhadap perubahan iklim sesuai dengan standar internasional. Iklim yang baik dan tantangan yang melampaui batas negara,” ujarnya.

“Pentingnya peningkatan diplomasi dalam pengelolaan sumber daya air, pengetahuan khusus dan praktik terbaik untuk menjamin keamanan air,” tambahnya. Tonton video di bawah ini: 48 negara mengikuti World Water Forum ke-10, 7.334 peserta (dpu/dpu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *