Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Pastor Korupsi Uang Gereja, Blak-blakan Kecanduan Game Mobile

Jakarta, CNBC Indonesia – Seorang pastor Katolik di Pottstown, Pennsylvania, AS, menggunakan kartu kredit paroki untuk membiayai kecanduannya bermain game mobile Candy Crush dan Mario Kart.

Menurut Philadelphia Inquirer, Jumat (3/5/2024), biaya permainan tersebut adalah 40.000 USD atau Rp 643 juta.

Menurut jaksa Chester County, jumlah nominalnya sama dengan nilai tiga tahun pendeta Lawrence Kozak, 51 tahun.

Kozak ditetapkan sebagai tersangka perampokan dan kejahatan terkait. Dia ditangkap Kamis pekan lalu dan dibebaskan setelah membayar uang jaminan sebesar US$250.000 atau Rp4 miliar.

Kuasa hukum Kozak, Joseph Paloka, mengatakan pihaknya sedang menunggu persidangan. Ia pun berencana menghubungi jaksa terkait kasus tersebut.

Kozak St. Thomas More di Pottstown dan izin administratif telah diminta.

Kejadian ini terungkap dari penemuan seorang akuntan yang bekerja di St. Petersburg. Thomas Lebih Lanjut. Akuntan melihat masalah besar terjadi pada Apple.

Setelah dilakukan penyelidikan, transaksi tersebut dimulai pada September 2019, tak lama setelah Kozak bergabung dengan gereja tersebut. Kesepakatan itu berakhir pada Juli 2022. Akun ID Apple yang digunakan untuk melakukan transaksi terdaftar atas nama Kozak. Setelah diselidiki lebih lanjut, Kozak memiliki akun Amazon dengan transaksi pada kartu kredit paroki.

Dengan menggunakan dana gereja, Kozak membeli ransel, tablet Amazon Fire, dan perangkat lainnya.

Dalam transaksi tersebut, rekening pribadi Kozak diduga digunakan untuk melakukan pembayaran senilai $10.000 ke kartu kredit paroki. Namun jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan yang digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2022, Kozak mengaku kesulitan menghilangkan kecanduannya terhadap game Candy Crush dan Mario Kart. Itu juga menggunakan uang pertemuan untuk membayar poin tambahan dan freemium.

Dia membantah tuduhan sengaja merusak properti gereja. Kozak mengklaim kartu kredit gereja secara otomatis terhubung ke ponselnya dan dia tidak tahu bahwa dia telah memanfaatkannya. Tonton video di bawah ini: CEO Tech Giant Kunjungi RI, Apakah Hilirisasi Digital Maju? (luar biasa/luar biasa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *