Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Pegawai BUMN Kerja 4 Hari Seminggu, Mulai Uji Coba Hari Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai menguji coba penerapan sistem kerja empat hari. Hal tersebut dibagikan oleh akun Instagram @kementerianbumn dan @lifeatbumn.

“Kerja 4 hari itu jadi kenyataan. Kayaknya bisa kerja 4 hari seminggu di @kementerianbumn!!,” tulisnya pada caption unggahan yang dipublikasikan pada Senin (10/6).

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membawa kabar gembira bagi para pekerja sektor pemerintahan Indonesia. Erick menyarankan untuk memperkenalkan proses yang disebut alur kerja.

Dengan program ini, karyawan hanya diperbolehkan bekerja 4 hari dalam seminggu. Dengan cara ini, mereka bisa menikmati libur tiga hari dalam seminggu.

Namun, Erick melihat semuanya dalam perspektif. Untuk bisa mendapat libur tiga hari, pegawai BUMN harus bekerja lebih dari 40 jam per minggu.

“Kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam, ada opsi lain di Kementerian BUMN,” kata Erick di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2024).

Erick menegaskan, pelaksanaan Kementerian BUMN juga akan sama seperti Kementerian BUMN. “Saya tidak tahu kalau di perusahaan publik bisa. Kalau mereka bekerja lebih dari 40 jam (kerja) punya cara lain untuk berangkat pada hari Jumat,” ujarnya.

Erick menjelaskan, program pengurangan hari kerja menjadi 4 hari ini untuk mengurangi stres para pekerja. Menurutnya, 70% generasi muda saat ini mempunyai masalah kesehatan mental yang mempengaruhi produktivitas.

Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meminta lembaga negara menjaga kesehatan mental pegawainya. Dia mengatakan, pemberian waktu tiga hari bukan berarti mendorong pekerja untuk bermalas-malasan.

Menurut dia, kesempatan bekerja 4 hari dalam seminggu, misalnya, merupakan cara lain bagi karyawan untuk bekerja dua kali sebulan.

“Tidak setiap hari Jumat itu hari libur kan? Kalau kamu bekerja lebih dari 40 jam seminggu, kamu bisa melamar, dua kali sebulan hari Jumat itu hari libur yang lain lho. Kami sedang melakukan itu.” Simak video di bawah ini: Video: Rupiah Masih Menangis Terhadap Dolar AS, Mengapa? (fsd/fsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *