Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Pembiayaan Bank Syariah Tumbuh 14,7%, Lebih dari Bank Konvensional

Jakarta, CNBC Indonesia – Pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah tercatat melebihi pertumbuhan bank konvensional. Berdasarkan data Bank Indonesia, pendanaan perbankan tumbuh sebesar 14,7% year-on-year per Mei 2024.

Pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata pendanaan perbankan yang tumbuh sebesar 12,8% per tahun.

Sejalan dengan itu, Komisioner Administrasi Pemerintahan dan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Defri Andri mengatakan bank syariah nasional telah menunjukkan keunggulannya dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Hal ini terlihat pada pasar perbankan syariah di Indonesia yang meningkat hingga 7,38% dengan pertumbuhan aset sebesar 9,71% atau sekitar Rp. 900 triliun pada Maret 2024.

“Dengan ide ini, kami berharap bank syariah dapat bersaing dengan bank konvensional dan menciptakan keunggulan kompetitif yang unik,” jelas Defri pada Kick Off Bulan Pembiayaan Syariah (BPS), Selasa, (25). / 6/2024 )

Dengan kata lain, OJK meminta bank syariah tidak menjadi pesaing bank konvensional. Namun bertujuan untuk memberikan manfaat yang lebih luas dengan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif.

Sebagai contoh, sebelumnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan masih terdapat kesenjangan yang besar antara indikator literasi syariah dengan kisaran sekitar 30% dan 60%.

Diketahui, Hasil Survei Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2023 menunjukkan bahwa pada tahun lalu terjadi peningkatan Indeks Literasi Keuangan Syariah menjadi 39,11%. Di luar indeks literasi, indeks pembiayaan syariah meningkat menjadi 12,88%. Tonton video di bawah ini: Strategi Multifinance Kelola Pertumbuhan Tinggi 10% Saat Beli Power Falls (Mentari Puspadini / fsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *