Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Pembiayaan Berkelanjutan Maybank Indonesia Tembus Rp 21,7 T di 2023

JAKARTA, CNBC Indonesia – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) berkomitmen untuk terus membiayai proyek ramah lingkungan bagi Unit Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB), khususnya dalam mendukung pengembangan energi baru dan terbarukan. Pada tahun 2023, total pendanaan KKUB mencapai Rp 21,7 triliun dan berkontribusi 21,2% dari total portofolio pinjaman Maybank.

Head of Sustainability Maybank Indonesia, Maria Trifani Francesca mengatakan, setiap tahunnya Maybank Indonesia selalu mencatat kemajuan kinerja terkait keberlanjutan sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Dimana pada tahun 2023, Maybank Indonesia berhasil menghimpun pembiayaan UMKM sebesar Rp1,2 triliun yang akan disalurkan kepada sekitar 287.500 perempuan tanpa pendamping.

“Total portofolio pembiayaan Maybank Indonesia akan mencapai Rp3,5 triliun berdasarkan kriteria Sustainable Product Framework (SPF) pada tahun 2023. Kerangka ini menjadi pedoman pengembangan dan klasifikasi produk ramah lingkungan, sosial, berkelanjutan, berkelanjutan, dan transisi. Kamis (2/4/2024).

Maybank juga memberikan pembiayaan kendaraan listrik dan hybrid yang meningkatkan target sebesar 87% dan meningkatkan kesejahteraan 135.575 rumah tangga dengan menyalurkan kendaraan roda dua kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan UMKM.

“Kami mengalokasikan Rp1,5 triliun untuk membiayai unit kinerja usaha berkelanjutan (KKUB) bidang efisiensi energi,” jelasnya.

Selain itu, jelasnya, Maybank terus mengajak setiap pegawai untuk turut bertanggung jawab dalam menciptakan lingkungan kerja yang ramah lingkungan, mengurangi dampak negatif perubahan iklim, dan menerapkan nilai-nilai keberlanjutan dalam aktivitas sehari-hari.

“Kami terus aktif menerapkan pergeseran budaya menuju kehidupan berkelanjutan. Lebih dari 250.000 jam Maybankers (karyawan Maybank) dihabiskan untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan.”

Seluruh pencapaian tersebut sejalan dengan komitmen Maybank Group dalam menerapkan strategi prioritasnya, M25+ sebagai pemimpin dalam bidang lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) di kawasan Asia, lanjut Maria.

Pada saat yang sama, untuk membantu menjaga lingkungan, Maybank Indonesia melakukan kegiatan penanaman 2.000 bibit mangrove yang dapat membantu penyerapan gas rumah kaca dengan rata-rata 58.599 kg CO2e. Maybank mendukung komitmen Maybank Group terhadap posisi nol karbon untuk emisi Scope 1 dan 2 pada tahun 2030, dengan posisi nol emisi pada tahun 2050.

“Setelah menetapkan dan memvalidasi tahun dasar 2023, Maybank akan melanjutkan proses pengukuran dan penetapan tujuan produksi, penyusunan strategi bisnis spesifik, dan membangun model bisnis dengan tujuan yang terintegrasi dan berkelanjutan, serta Tata Kelola dan pengendalian, proses bisnis, individu. indikator kinerja, dan proses persetujuan pinjaman,” kata Maria.

Selain itu, Maybank Indonesia juga terus mendorong implementasi program Corporate Responsibility (CR) yang dilaksanakan oleh Maybank Foundation. Maybank Foundation adalah organisasi terakreditasi ASEAN yang secara aktif mendukung inisiatif dampak sosial pada enam pilar, yaitu pendidikan, pemberdayaan masyarakat, pelestarian seni dan budaya, keanekaragaman lingkungan, hidup sehat dan dukungan ketahanan bencana.

Pada saat yang sama, beberapa program CR telah dilaksanakan antara lain Reaching Independence and Sustainable Enterprise (R.I.S.E.) 2.0 yang berhasil menjangkau 3.325 penyandang disabilitas dan kelompok marginal, program Maybank Goes to School yang melibatkan 170 karyawan dan penerima manfaat dari 2.1420 sekolah. . mereka berpartisipasi. Program Maybank Women Eco – Weavers (MWEW) untuk mendorong kemandirian dan inklusi keuangan bagi 679 perempuan Indonesia.

Selain itu, terdapat pula program Cashville Kids, yaitu program pendidikan keuangan yang bertujuan untuk membekali anak-anak dengan keterampilan pengelolaan keuangan guna menciptakan masa depan yang lebih sehat secara finansial. Pada tahun 2023, Cashville Kids akan memberikan dampak positif kepada 5.531 siswa.

“Semua program CR merupakan bagian dari misi bank untuk ‘meningkatkan kesejahteraan dua juta rumah tangga di Asia pada tahun 2025,’” kata Maria.

Pada tahun lalu, Maybank juga berkolaborasi dengan Pemda DKI Jakarta dan masyarakat melakukan penanaman 1.500 anakan pohon untuk menyerap pencemaran lingkungan di kolong tol Bekasi Kawang-Kampung Melio (Bekakayo). Tonton video di bawah ini: Video: Market Maker Mengungkap Kemungkinan Jatuhnya Saham Bank Besar (dpu/dpu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *