Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Pemilik XL Ungkap Nasib Karyawan Usai Merger XL-Smartfren, Ada PHK?

Jakarta, CNBC Indonesia – PT XL Axiata Tbk. dan PT Smartfren Telecom Tbk. Membahas aksi korporasi berupa merger. Lalu bagaimana nasib para pekerja XL Axiata? Apakah akan ada PHK?

Hal tersebut dijawab oleh Nick Rizal Kamil, Chief Financial Officer Aziata Group. Ia mengatakan, saat ini perseroan belum memiliki rencana untuk memangkas tenaga kerja XL Axiata.

“Saat ini belum ada rencana pengurangan staf,” kata Nik dalam rapat pengarahan dan diskusi media bersama Aziata Group Berhad di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Nick mengatakan pasca merger, masih dibutuhkan karyawan dari kedua perusahaan untuk mempercepat proses integrasi.

Namun, dia tidak menutup kemungkinan adanya tumpang tindih jabatan setelah selesainya merger. Namun keputusan tersebut tentunya baru bisa diketahui setelah proses merger selesai.

“Misalnya ada dua orang yang menduduki posisi jaringan, maka kita cukup melepas satu orang saja, tapi kalau satu orang itu bisa dilatih kembali untuk digital, maka perusahaan yang merger akan lebih baik,” jelasnya.

Dibandingkan persaingan antar manusia, Nick mengatakan ancaman terbesar bagi karyawan adalah digitalisasi, otomatisasi, dan tingkat kecerdasan buatan (AI).

“Saya kira itu ancaman besar (AI), bukan sekarang, tapi nanti akan menjadi ancaman. Saya seorang akuntan, sekarang sudah ada software AI yang bisa melakukan tugas saya sebagai akuntan, bukan?”

“Mereka (AI) tidak bisa duduk di posisi itu dan menjawab pertanyaan, tapi mereka bisa mengurus akun, laporan keuangan, semuanya. Bisa diotomatisasi pakai AI dan pakai software. Jadi itu ancaman terbesarnya,” tutupnya.

Tonton video di bawah ini: Video: Pusat Data Nasional Error, Antrean Imigrasi Ular (dem/dem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *