Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Pencipta HP Titip Pesan Menohok Buat Warga RI, Berani Baca?

Jakarta, CNBC Indonesia – Masyarakat Indonesia memiliki tingkat kecanduan ponsel terburuk di dunia. Hal tersebut terungkap dalam laporan State of Mobile 2024 yang diterbitkan oleh Data.ai.

Pada tahun 2023, pengguna ponsel di Indonesia akan menghabiskan rata-rata 6,05 jam di depan ponsel dan tablet setiap hari.

Hanya orang Indonesia yang menggunakan ponsel lebih dari 6 jam sehari. Urutan kedua ditempati warga Thailand yang menghabiskan waktu 5,64 jam dalam sehari. Argentina berada di tempat ketiga – 5,33 jam sehari.

Martin Cooper yang dijuluki “Bapak Ponsel” pernah melontarkan laporan mengejutkan tentang kecenderungan masyarakat modern yang menghabiskan waktu di depan layar.

Dia menunjukkan bahwa orang mungkin mencari kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Nasihat ini ia berikan saat menjadi tamu BBC Breakfast.

Saat itu, presenter tersebut mengatakan bahwa ia menghabiskan 5 jam sehari di depan ponsel.

“Benarkah, kamu menghabiskan 5 jam sehari untuk mendapatkan kehidupan?” Cooper, kini berusia 93 tahun, dikutip Phone Arena.

Penemu telepon genggam ini mengaku tidak terlalu sering menggunakan telepon genggam, yakni hanya 5% saja. Klaim ini terkadang sangat berbeda dengan orang yang sehari-harinya kecanduan ponsel.

Menurut Phone Arena, 46% orang di Amerika Serikat (AS) menghabiskan 5-6 jam sehari di ponsel mereka. Pada saat yang sama, 11% dari mereka menggunakan ponsel selama 7 jam atau lebih dalam sehari.

Sebelum menciptakan Motorola DynaTAC 8000X pada tahun 1973, Cooper mempunyai ide untuk menciptakan ponsel yang dapat dibawa penggunanya kemana saja. Sementara itu, telepon seluler sangat umum ditemukan di mobil pada saat itu.

Cooper menginginkan ponsel yang “cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam saku, tetapi cukup kecil untuk dimasukkan di antara telinga dan mulut”. Selain itu, keinginan setiap orang untuk memiliki nomor telepon sendiri.

Motorola menyukai gagasan itu dan menginvestasikan jutaan dolar dalam pengembangannya. Hasilnya, DynaTAC 8000X memiliki berat 2,5 pon dan panjang 10 inci.

Baterai dapat bekerja selama 25 menit. Namun pengisian dayanya membutuhkan waktu 10 jam, berbeda dengan teknologi fast charging saat ini.

DynaTAC 8000X baru dirilis 10 tahun kemudian, dengan harga $3,995. Harganya luar biasa dibandingkan produk HP saat ini. Tonton videonya di bawah ini: Video. Infinix Hot 40 Pro, ponsel gaming murah pasti tidak tahan. (luar biasa/luar biasa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *