Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Penderita Sakit Jantung Tak Boleh Olahraga, Mitos atau Fakta?

JAKARTA, CNBC Indonesia – Banyak penderita jantung yang merasa cemas saat melakukan aktivitas fisik. Tak sedikit kasus kematian akibat serangan jantung saat berolahraga. Benarkah Penderita Penyakit Jantung Tidak Boleh Olahraga?

Spesialis Kardiovaskular Dr. dokter. Basoni Radi Sp.JP(K) mengatakan, olahraga tetap diperbolehkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hanya saja penderita penyakit arteri koroner tidak bisa berolahraga sebanyak orang sehat pada umumnya.

Ditemui di Barat, Basoni Radi mengatakan, “Penderita penyakit jantung tidak disarankan untuk terlalu banyak berolahraga. Disarankan menggunakan monitor detak jantung atau tes denyut nadi di pergelangan tangan sebelum dan sesudah berolahraga untuk memantau aktivitas jantung. .” dikatakan. Wilayah Jakarta, Selasa (25 Juni 2024).

Pasien jantung yang menggunakan alat pacu jantung sebaiknya menghindari olahraga yang mengandalkan gerakan lengan atau kontak fisik, seperti bola basket.

Begitu pula bagi penderita gagal jantung kongestif, sebaiknya dimulai dengan olahraga intensitas rendah dan ditingkatkan intensitasnya secara bertahap tergantung kemampuan.

Pilihan olahraga yang paling aman bagi penderita penyakit jantung adalah yang dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Olahraga yang mudah dan tidak berisiko antara lain jalan kaki, yoga, bersepeda, jogging, dan berenang. Namun, pastikan untuk menyesuaikan kemampuan fisik Anda dengan jenis olahraga yang Anda pilih.

“Olahraga yang benar adalah olahraga apa pun yang dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Misalnya jalan kaki, yoga, bersepeda, jogging, dan berenang menjadi prioritas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga aman bagi pasien jantung bahkan dapat membantu meringankan gejalanya. Simak video di bawah ini: 27 artis siap mengikuti Allo Bank Festival 2024 (hsy/hsy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *