Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Persepsi Soal APBN Bikin Investor Kabur Tinggalkan RI, Rupiah Anjlok!

Jakarta, CNBC Indonesia – Melemahnya nilai tukar rupiah tidak hanya disebabkan oleh faktor eksternal. Ada tantangan-tantangan di negara ini yang juga menggembirakan.

Hal itu disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (24/06/2024)

“Selain ketidakpastian global, terkait suku bunga acuan AS, dan ketegangan geopolitik, ada juga faktor dalam negeri yang mempengaruhi rupee,” ujarnya.

Pertama, kata Perry, kuatnya permintaan perusahaan terhadap pengembalian dividen dan pembayaran utang. Yang kedua adalah persepsi mengenai masalah keberlanjutan finansial.

“Asumsinya tidak benar, ada masalah keberlanjutan finansial di masa depan.” Hal ini menimbulkan kepercayaan pasar dan banyaknya investor yang menjadi alasan SBN di bulan Mei mencapai Rp 16,21 triliun dan di bulan Juni keluar lagi menjadi Rp 3,4 triliun,” jelasnya.

Perry menambahkan, akses ke perpustakaan masih ada. Selain itu, fasilitas Surat Berharga Bank Indonesia Rupiah (SRBI) menarik bagi investor asing. Tonton video di bawah ini: Video: Legal! BI Pertahankan Suku Bunga 6,25% (mij/mij)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *