Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Pertamina Sumbang Rp 425,5 Triliun ke Penerimaan Negara di 2023

Jakarta, CNBC Indonesia – Pada tahun 2023, PT Pertamina (Persero) akan menyumbang pendapatan negara hingga Rp 425,5 triliun. Kontribusi tersebut berasal dari pembayaran pajak dan dividen.

Fajar Joko Santoso, Wakil Presiden Komunikasi Pertamina, mengatakan Pertamina siap membantu mengembangkan perekonomian negara, sehingga membayar pajak menjadi salah satu kegiatan yang perlu dilakukan. Selain itu, kontribusi Pertamina terhadap pendapatan fiskal sejalan dengan pertumbuhan bisnis perusahaan yang baik.

“Kami meyakini komitmen Pertamina terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab, termasuk kepatuhan terhadap peraturan perpajakan, menunjukkan kemampuan Pertamina dalam mengelola keuangan dengan baik dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Fajar dalam pengumuman resminya, Jumat (14/6/2024).

Selain itu, ia menyebutkan kontribusi pemerintah dari Pertamina terdiri dari pajak sebesar Rp 224,53 triliun yakni pajak penghasilan (PPh), pajak impor, pajak pertambahan nilai (PPN), bea masuk atau bea masuk, dan pajak.

Selain pajak, penerimaan lainnya antara lain Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp66,17 triliun, dividen dan bonus penandatanganan sebesar Rp14,03 triliun.

Selain itu, kontribusi Pertamina terhadap Investasi Minyak Mentah dan Kondensat (MMKBN) yang mencapai Rp 120,79 triliun pada tahun 2023. Selain membayar pajak, Pertamina juga berkontribusi dalam pelaksanaan dan program komitmen tingkat dalam negeri (TKDN). .

Diketahui, pada tahun 2023, Pertamina Group memperoleh TKDN sebesar Rp 374 triliun atau 47% dari total TKDN BUMN nasional. Komitmen TKDN Pertamina ditujukan untuk mendorong pertumbuhan industri dalam negeri.

Ditambahkannya, “Dengan sumbangsihnya Pertamina terhadap negara dan industri, kami berharap dapat membantu masyarakat untuk berdaya guna dan efektif, mengembangkan industri tanah air, dan memperkuat perekonomian negara.”

Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi berkomitmen mendukung tujuan Net Zero Emission 2060 dengan terus memperkuat program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di lini bisnis dan operasional Pertamina. Simak video berikut ini: Video: Jokowi Tunjukkan Keberhasilan Jaga Ketahanan Energi di Rokan (dpu/dpu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *