Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Prabowo ‘Empat Mata’ dengan Pangeran MBS, Saling Curhat soal Palestina

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) bin Abdulaziz Al Saud di Jeddah, Arab Saudi.

Dalam pertemuan yang digelar Rabu (6/12/2024), Prabowo dan MBS membahas hubungan bilateral kedua negara, aspek kerja sama di berbagai bidang, cara dukungan dan pengembangannya.

Keduanya membahas situasi global saat ini, termasuk situasi di Palestina.

“Arab Saudi adalah mitra utama Indonesia dalam dialog dan penyelesaian permasalahan regional dan global,” kata Presiden terpilih Prabowo 2024-2029 dalam keterangan resmi.

“Saya menyaksikan tekad Yang Mulia untuk mengukuhkan kepemimpinan Arab Saudi di kawasan dan sekitarnya, termasuk memberikan perdamaian dan stabilitas kepada saudara-saudara kita di Palestina. Persoalan Palestina sangat dekat di hati kita,” jelasnya.

Prabowo juga menegaskan kembali dukungan kuat Indonesia terhadap Palestina dan bersatu untuk melakukan gencatan senjata segera dan permanen pada Call to Action Gaza beberapa hari lalu dan menjelaskan bahwa ia menekankan perlunya tindakan nyata.

Indonesia juga mendukung implementasi keputusan Mahkamah Internasional di Israel, keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan kerja kemanusiaan di bidang ini, termasuk mendukung UNRWA sebagai penyedia layanan utama bagi pengungsi Palestina.

Saya mengandalkan kepemimpinan Anda untuk membela perdamaian, keadilan, dan kemanusiaan bagi Palestina, kata Prabowo.

Pada saat yang sama, Prabowo memuji hubungan dagang yang kuat antara Indonesia dan Arab Saudi. Meskipun ketidakpastian global terus berlanjut, perdagangan bilateral kedua negara tetap menunjukkan tren positif.

Prabowo juga mendorong kedua negara untuk terus melanjutkan kerja sama peningkatan perdagangan dengan menjajaki peluang baru, termasuk memperluas potensi perdagangan produk industri pertahanan, teknologi pertanian, industri halal, dan industri kreatif.

Selain itu juga dibahas mengenai pengelolaan ibadah haji dan umrah, Prabowo mengucapkan terima kasih atas penambahan kuota haji tahun ini sebanyak 20.000 jemaah dan penerapan inisiatif jalur Mekkah yang memungkinkan jemaah asal Indonesia dapat bepergian dengan nyaman dan nyaman. perjalanan haji.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yang Mulia karena telah menjamin keselamatan jamaah haji Indonesia hingga mereka menyelesaikan ibadah haji di Arab Saudi,” ujarnya.

Dalam hal ini, MBS sangat menghargai eratnya hubungan kedua negara, dimana Indonesia dianggap sebagai tanah air kedua setelah Arab Saudi. Ia juga menekankan perlunya memperluas kerja sama ekonomi dan investasi dengan Indonesia.

Hal serupa juga ditegaskan MBS terkait persoalan Palestina yang belum tercapai gencatan senjata.

Salam hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga disampaikan kepada MBS dan Raja Salman. Prabovo juga mengucapkan terima kasih kepada Prabovo atas ucapan selamatnya sebagai presiden baru terpilih.

Pertemuan tersebut dihadiri sejumlah pejabat senior Saudi, termasuk Menteri Pertahanan Pangeran Khalid bin Salman bin Abdulaziz; Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan bin Abdullah; serta Menteri Negara, Menteri Dewan Menteri, Penasihat Keamanan Nasional dr. Musaid bin Muhammad al-Aiban.

Tonton video di bawah ini: Video: Arab Saudi menghapus nama Palestina dari peta buku teks (luc/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *